Kriteria Pembebanan Biaya Berdasarkan Aktivitas

Di dalam suatu perusahaan, terdapat beberapa kriteria dalam menerapkan pembebanan biaya berdasarkan aktivitas atau Activity based costing. Beberapa kriteria tersebut antara lain adalah product diversity, support diversity, common processes, period cost allocation, rate of growth of period costs, pricing freedom, period expense ratio, strategic considerations, cost reduction effort, dan analysis of frecuency.

Pembebanan Biaya Berdasarkan Aktivitas

10 Kriteria Pembebanan Biaya Berdasarkan Aktivitas

Beberapa kriteria dalam pembebanan biaya berdasarkan aktivitas dapat diuraikan secara sederhana sebagai berikut:

1. Product diversity

Pada product diversity, kriteria ini menunjukkan adanya penawaran terhadap jumlah dan keanekaragaman dari product families. Jadi jika produk yang dihasilkan semakin banyak, maka kecocokan untuk menggunakan analisis ABC (Activities Based Costing) akan semakin cocok.

2. Support diversity

Kriteria ini menunjukkan mengenai akibat dari tingginya tingkat pengeluaran overhead cost karena jumlah serta keanekaragaman dari aktivitas. Jika pengeluaran overhead cost tinggi, maka pengalokasian untuk biaya overhead akan sulit. Analisis ABC cocok digunakan jika jumlah dan juga keanekaragaman aktivitas semakin banyak.

3. Common processes

Tinggi dan rendahnya kegiatan yang dilakukan bersamaan untuk menghasilkan produk tertentu ditunjukkan oleh kriteria ini. Analisis ABC cocok digunakan jika tingkat common processes semakin tinggi.

4. Period Cost Allocation

Kemampuan sistem akuntasi yang akurat ditunjukkan pada kriteria ini. Analisis ABC cocok digunakan jika perusahaan dapat memperkecil biaya produk.

5. Rate of growth of period costs

Tingkat pertumbuhan biaya pada periode di sepanjang tahun ditunjukkan pada kriteria ini. Perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan biaya periode di sepanjang tahun yang cepat cocok menggunakan analisis ABC.

6. Pricing freedom

Kriteria ini menunjukkan mengenai independensi harga untuk menghasilkan product profitability. Perusahaan yang cocok menggunakan analisis ABC adalah yang tidak mempunyai tingkat independensi harga dalam menentukan harga.

7. Period expense ratio

Tingkat penurunan dan kenaikan suatu biaya terhadap laba ditunjukkan pada kriteria ini. Perusahaan yang memiliki pengaruh laba yang signifikan maka cocok menggunakan analisis ABC

8. Strategic considerations

Strategic considerations menunjukkan pengambilan keputusan manajemen bergantung pada informasi biaya. Jika informasi biaya tersebut semakin penting maka analisi ABC cocok digunakan.

9. Cost reduction effort

Menunjukkan keputusan internal manajemen dipengaruhi oelh akurasi dari pelaporan mengenai alokasi biaya periode. Tingkat akurasi yagn semakin tinggi maka analisis ABC semakin cocok digunakan.

10.Analysis of frequency

Menggambarkan mengenai frekuensi dari kegiatan yang ada kaitannya dengan analisis biaya produk. Jika frekuensinya memiliki tingkat yang tinggi, maka semakin cocok menggunakan analisis ABC.

Kesimpulan

Kriteria dalam menerapkan pembebanan biaya yang berdasarkan pada aktivitas di dalam suatu perusahaan terdiri dari 10 kriteria yang masing-masing menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi perusahaan. Demikianlah pembahasan tentang kriteria pembebanan biaya berdasarkan aktivitas Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sumber : https://www.akuntansipendidik.com/

Add Comment