Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Hamparan Eksotisme Lembah Anai Bumi Sumatera

Lembah Anai sendiri sebenarnya adalah deretan tebing curam dengan pepohonan yang tumbuh disekitarnya, terletak di Padang Panjang. Lokasinya membentang disisi jalan raya yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukit Tinggi di Sumatera Barat. Tepatnya berlokasi dalam wilayah Nagari Singgalang Kecamatan X Koto dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Lembah Anai
Air terjun Lembah Anai

Salah satu yang menarik perhatian siapapun yang melintas di jalanan tersebut adalah keberadaan air terjun setinggi 35 meter yang juga terdapat dipinggir jalan raya Padang-Bukit Tinggi yang letaknya berdampingan dengan jembatan dan landasan kereta api lama peninggalan Belanda yang kini sudah tidak difungsikan kembali.

Mengenal Cagar Alam Lembah Anai

Cagar Alam Lembah Anai ditetapkan oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1922, yang merupakan kawasan hutan lindung. Hamparan lebatnya hutan hujan tropis dan keragaman flora dan fauna menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Kawasan cagar alamnya sendiri memiliki cakupan wilayah seluas 221 hektar yang bertahan sejak masa kolonial Belanda hingga sekarang. Namun keberadaan air terjunnya melebihi popularitasnya dibanding kawasan cagar alamnya sendiri. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah setempat kepada khalayak publik.

Simak Juga Keseruan Arum jeram Citra Ello yang menantang

Lembah Anai memiliki pesona eksotis tiga air terjun yang terletak di sebelah barat cagar alam ini. Tak hanya itu, lembah anai juga memiliki telaga warna yang airnya kebiruan. Disalah satu sisi juga bisa disaksikan air sungai Batang Anai yang berasal dari aliran Gunung Singgalang di sisi utara, dan dari anak-anak sungai Gunung Marapi.

Pemandangan lembahnya juga sangat mempesona, dengan banyaknya pohon berukuran besar yang lingkar batangnya bisa mencapai sebesar sumur. Keindahan juga ditambah dengan banyaknya akar-akar pohon yang menjuntai menambah keindahan tempat ini.

Memanjakan Pandangan Dalam Keanggunan Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai, begitu sangat popular dan menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat, bahkan keberadaannya mengalahkan popularitas keseluruhan cagar alam. Air terjunnya yang berjumlah tiga tidak banyak diketahui oleh orang banyak, karena hanya satu yang Nampak dari pinggir jalan raya.

Dua air terjun lainnya tertutup oleh kelebatan hutan lindung. Bagi para pelancong yang ingin menikmati dua air terjun lainnya dapat menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari air terjun yang tampak di pinggir jalan raya.

Selain itu, bila anda belum puas dan ingin menikmati keindahan telaga, dapat melakukan perjalanan kaki pula sekitar 15 menit dari pinggir jalan raya. Pemandangan yang langsung menyentuh mata saat melakukan perjalanan adalah keberadaan bukit-bukit terjal di sisi jalan.

Lembah Anai khususnya daerah air terjun memang telah dipersiapkan khusus sebagai destinasi wisata. Disana dapat dengan mudah memarkirkan kendaraan.

Dengan lokasi parkir yang luas, disertai pula banyaknya toilet yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mandi dan keperluan lainnya. Untuk fasilitas lainnya, disekitarnya banyak kita jumpai warung-warung yang menyajikan cemilan khas Sumatera Barat.

Tak hanya itu, rumah makan khas Padang juga banyak dijumpai ditempat ini. Bagi anda yang ingin menginap, juga bisa memilih rumah-rumah penduduk yang telah dipersiapkan sebagai penginapan dengan harga bervariasi. Namun bagi yang menginginkan bermalam di hotel bisa menuju ke Kota Padang atau Bukit Tinggi.

Saran khusus, bagi para pengunjung, hindari mengunjungi tempat wisata ini pada musim penghujan. Orang Minang, mengatakan Sungai Batang Anai sangat temperamental, cantik dipandang, tapi ganas kalau sedang marah. Bila sedang hujan lebat, airnya bisa meluber ke jalan, bahkan saat berada pada titik maksimal bisa merobohkan tembok yang membuat lalu lintas macet bisa berkilo-kilo meter.

Add Comment