0 Followers

“Hand Driyer” Alat Praktis Namun Juga Berbahaya

April 25, 2018
180 Views

Mencuci tangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan, baik sebelum makan ataupun sesudah makan. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di rumah bahkan ketika kita pergi ke restoran kita masih tetap harus melakukan hal yang sama.

Namun, ternyata ada perbedaan saat kita mencuci tangan di rumah dengan di restoran. Bedanya adalah kalau di rumah kita dapat mengeringkan tangan dengan kain ataupun tisu sedangkan kalau di restoran kita harus mengeringkan tangan dengan alat pengering.

Menggunakan alat pengering tangan ini memanglah hal yang praktis dan juga ramah lingkungan. Akan tetapi, apakah kalian tahu kalau ini juga dapat bersifat bahaya? Seperti apa sih bahaya yang ditimbulkan dari alat ini? Simak di sini penjelasannya ya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hand Driyer?

Pengering tangan atau hand driyer adalah mesin listrik yang bisa kalian temukan di kamar mandi umum. Alat ini dapat dioperasikan dengan menekan sebuah tombol atau bisa juga secara otomatis dengan menggunakan sensor. Mencuci tangan adalah bagian penting dari kebersihan dan ini akan menjadi sangat efektif  jika ditambah dengan metode pengeringan tangan.

Penemuan Pertama Dari Alat Pengering Tangan

Pada tahun 1921, usaha untuk menciptakan pengering listrik ini datangnya dari Airdry Corporation dari New York. Ia adalah orang pertama yang menciptakan sebuah alat yang simple dan efisien dengan memberikan sebuah ledakan dari udara panas untuk mengeringkan wajah, tangan ataupun rambut seseorang. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengeringkan perhiasan, logam atau gelas.

Namun, perusahaan ini jarang memberikan kredit dan sebaliknya, banyak orang yang berpikir bahwa penemuan itu sebenarnya dibuat pada tahun 1949 oleh George Clemens. Ia tidak hanya dianggap orang pertama yang mempopulerkan ide pengering tangan, tapi ia jugalah yang merupakan penemu pertama sikat gigi listrik populer.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Clemens ini akhirnya mengakibatkan pendirian alat pengering tangan ini menjadi lebih dikenal untuk memproduksi pengering tangan selama bertahun-tahun. Namun, perusahaan bergerak lambat untuk berinovasi dan kemudian segera diambil alih oleh pesaing lainnya.

Alasan mengapa pengering tangan bukanlah pilihan terbaik ketika muncul pertama kalinya adalah karena ribut dan tidak efisien. Sebagian besar setidaknya membutuhkan  satu menit untuk mengeringkan tangan. Itu berarti bahwa jika disediakan tisu ataupun handuk pengering, maka kemungkinan besar orang akan lebih memilih handuk pengering dan tisu.

Masalah ini terus berlanjut sampai perusahaan Mitsubishi menciptakan pengering tangan yang dirancang untuk meniup air dari tangan dan bukan menguapkan air. Produk ini dikenal sebagai Mitsubishi Jet Towel. Meskipun, itu diciptakan pada tahun 1993, tapi ini butuh lebih dari 10 tahun untuk mencapai beberapa pasar internasional.

Namun, tak satu pun dari penemuan ini akan dipakai jika bukan karena Ignaz Semmelweis. Ia adalah dokter kandungan dari Hungaria dan dia juga merupakan orang pertama yang membuat kasus untuk kebersihan tangan yang tepat.

Beberapa Merek Pengering Tangan Yang Cukup Populer

Semakin berkembang teknologi, maka semakin banyak alat pengering tangan yang diciptakan, kini kalian dapat memilih sendiri jenis yang berbeda dari setiap fiturnya. Akan tetapi tetap saja ada hal yang harus perhatikan, yaitu kalian harus mempertimbangkan tentang keamanan dari merek tersebut.

Nah, di bawah ini ini ada beberapa jenis alat pengering tangan yang “mungkin” tidak berbahaya.

Dyson

Hand Driyer Dyson termasuk dalam kategori yang mahal dan juga sangat populer di berbagai tempat. Alat ini sangat cepat, efektif dan dilengkapi dengan filter HEPA untuk meningkatkan kebersihan ketika mengeringkan tangan. Memang sih, ada beberapa pengguna yang mengeluh bahwa alat ini sangat berisik tapi kebanyakan senang dengan kecepatan alat ini dalam mengeringkan tangan.

Excel Dryer

Excel juga telah alat menjual pengering tangan berkecepatan tinggi yang cukup populer dan juga dalam kisaran harga yang lebih terjangkau daripada Dyson. Beberapa alat pengering ini termasuk dalam yang paling umum karena sudah memiliki kualitas dengan harga yang bersahabat.

Kalian dapat mengeringkan tangan hanya dalam waktu 10 detik. Alat ini juga sedang disertifikasi oleh Biro bisnis hijau, sehingga ini pastinya akan menjadi sangat ramah lingkungan.

Para pelanggan ada yang sangat sengan dengan alat ini karrna dapat lebih menghemat tisu dan juga alat ini juga sangat cepat ketika bekerja. Akan tetapi, sebagian orang juga mengatakan kalau alat ini sangat berisik. Meskipun seperti itu, tetap saja alat ini sangat disukai.

OION teknologi

OION menjual dengan harga yang bisa dibilang murah, ditambah lagi memiliki kecepatan yang tinggi dan juga alat ini sudah bersifat otomatis. Banyak pelanggan yang telah memberikan respon positif.

Beberapa pelanggan memang ada yang memiliki keluhan seperti keawetan dari alat pengering ini. Mereka takut apakah alat ini dapat dipakai dalam waktu lama. Akan tetapi, lebih banyak pelanggan yang senang dengan alat ini terlebih lagi dengan harganya yang murah.

TC Bunny

TC bunny juga menawarkan dengan harga murah bagi mereka yang memang sedang  membutuhkan untuk menemukan pengering tangan terbaik yang tersedia pada anggaran yang ketat.

Tinjauan yang berikan sangat kuat. Pelanggan mengatakan alat ini sangat mudah untuk diinstal, cepat, tenang dan semua pada harga yang mengagumkan. Jika kalian memerlukan pilihan anggaran yang kuat, maka perngering yang satu ini dapat kalian andalkan.

Tek Mottinn

Tek motion ini adalah pilihan dengan anggaran rendah yang juga cocok untuk kalian. Pendapat dari mereka sangat singkat dan juga to the point: para pelanggan sangat menyukai produk dan tentunya juga karena harga yang murah.

Tinjauan ini kami dapatkan dari hasil bintang empat yang didapat dari papan penilaian, Jadi ini merupakan kesempatan baik kalian untuk mendapatkan alat pengering yang berkualitas dan murah.

World dryer

Wortl dryer ini merupakan pengering yang paling dikenal karena memiliki daya tahan yang cukup kuat. Jika kalian sedang memerlukan pengering yang dapat berdiri untuk beberapa potensi maka alat ini sangat cocok untuk dipertimbangkan.

Bagian-Bagian Dari Hand Driyer

Daftar Komponen:

1. Infra Red 1 buah
2. Photodioda 1 buah
3. LED 1 buah
4. Resistor 330, 100 @1 buah
5. Resistor 10k 3 buah
6. Potensiometer 10k 1 buah
7. IC LM358 1 buah
8. IC NE555 1 buah
9. Dioda 1n4002 1 buah
10. Relay 5V 1 buah
11. FAN AC 1 buah
12. Batterai 9V 1 buah
13. ELCO 220uF 1 buah

Prinsip Kerja Rangkaian

Cara Jagger dari rangkaian sistem pengontrol pengering tangan, dimulai dari trafo step down pada rangkaian ini yang mempunyai input tegangan sebesar 220 V AC dan V sekunder 12V AC, setelah tegangan diturunkan kemudian masuk ke dioda penyearah jembatan atau dioda bridge yang berfungsi sebagai penyearah gelombang penuh.

Gelombang yang diserahkan adalah gelombang AC 12 V dari trafo yang kemudian masuk ke kapasitor yang difilter karena gelombang keluaran dari dioda bridge masih mempunyai riak-riak yang cukup besar.

Oleh karena itu kapasitor akan menepis gelombang tersebut menjadi kecil. Setelah melewati kapasitor gelombang yang dihasilkan berupa tegangan DC 12 V tetapi tegangan DC ini masih mempunyai riak walaupun sangat kecil, oleh karena itu akan digunakan IC regulator yang berfungsi sebagai penstabil tegangan. IC regulator yang digunakan pada rangkaian ini adalah IC LM 7812 yang akan menghasilkan tegangan DC 12 V yang stabil.

Setelah dari regulator tersebut tegangan akan masuk ke dalam penguat op-amp dan menuju sensor infra merah dan photo dioda, dimana sensor ini akan berfungsi apabila sebuah benda menghalangi sumber sinar yang menuju infra merah da photo dioda yang akan menyebabkan resistansi dari infra merah da photo dioda tersebut akan semakin besar.

Hal ini akan membuat jembatan wheatstone menjadi tidak seimbang. Karena nilai dari resistansinya menjadi tidak seimbang, hal ini dapat menyebabkan operasional amplifier inputnya tidak sama sehingga akan menghasilkan nilai output.

Output yang dihasilkan oleh Op-Amp akan memicu transistor menjadi saturasi. IC NE 555 yang aktif rendah dan ini juga dapat diatur lama waktu tundanya. Fungsi utama dari rangkaian ini adalah sebagai penunda waktu, walaupun sensor hanya terputus beberapa detik saja.

Ini akan langsung menyebabkan rangkaian ini tertunda sampai waktu yang diset pada timer ini. Lamanya waktu penundaan tergantung dari nilai Vr dan kapasitor. Setelah dari pewaktuan dari IC 555 tersebut maka rangkaian tersebut ke sebuah relay sebagai switch.

Relay adalah saklar yang bekerja atas dasar prinsip elektromagnetik. Relay akan berada dalam kondisi on bila pada bagian lilitan dialiri arus. Agar dapat dikontrol relay ini akan dikombinasikan dengan transistor sebagai saklar. Setelah relay aktif maka ini akan mengaktifkan hand dryer.

Meskipun Praktis Alat Ini Mengandung Lebih Banyak Kuman

Pasti kalian akan bertanya-tanya sendiri dalam hati kok bisa sih alat pengering ini menjadi sarang kuman? Menurut ilmu medis, meskipun kita sudah mencuci tangan namun kuman yang ada pada tangan kita sebagian masih menempel.

Nah, ketika kalian mengeringkan tangan dengan tisu untuk mengangkat sisa-sisa tersebut, ini masih bisa dianggap layak untuk mengangkat kuman-kuman  yang tertinggal.

Namun, coba bayangkan kalau kalian menggunakan alat pengering tangan, ke mana kuman-kuman itu akan terbuang? Ternyata guys, udara yang masuk ke dalam mesin pengering mengandung jauh lebih banyak kuman daripada udara yang dikeluarkan.

Mereka juga menemukan bahwa kadar mikroorganisme pada permukaan eksternal dari mesin pengering tangan, tidak jauh berbeda dari udara sekitar dan di permukaan fasilitas kamar kecil lainnya.

Sebuah tim penelitian dari University of Leeds, yang dilansir dari Medical Daily, menemukan bahwa kuman yang hidup pada udara bisa menyebar hampir 27 kali lebih cepat dibandingkan dengan kuman yang ditemukan menempel di permukaan dispenser tisu toilet.

Lebih parahnya lagi, 48 persen dari bakteri yang dikeringkan dari tangan peserta masih tetap ada di atmosfer ruangan, yaitu 15 menit setelah mereka selesai mengeringkan tangan dengan pengering ini.

Ada juga bukti lain yang dibawa oleh Redway dan Fawdar pada tahun 2008, dikutip dari jurnal Mayo Clinic Proceedings, yang menunjukkan bahwa tisu kertas dapat mengurangi jumlah semua jenis kuman pada tangan secara dramatis.

Tisu toilet ternyata lebih dapat mengurangi jumlah kuman hingga 77 persen. Sementara itu, mesin pengering justru malah akan semakin meningkatkan kuman di tangan sebesar 42 persen.

Dalam studinya, Redway dan Fawdar menyatakan bahwa mereka menggunakan sampel dari pengering elektrik. Oleh karena itu, mereka yakin bahwa setiap kenaikan dalam jumlah mikroorganisme jahat, setelah penggunaan pengering dapat diakibatkan karena faktor dari mesin pengering itu sendiri.

Meskipun mesin ini dikatakan lebih cepat dan efisien dalam mengeringkan tangan, namun kombinasi dari kelembapan dan kuman yang mengambang di udara kamar mandi, tangan kalian sendiri dan udara hangat yang dihembuskan dari mesin, justru akan mendorong bakteri menjadi semakin giat berkembang biak.

Kuman dan virus sangat suka berkembang biak dalam suhu hangat, terutama yang dekat dengan suhu tubuh. Oleh karena itu, tubuh manusia menyediakan lingkungan yang ideal untuk berbagai jenis bakteri untuk tumbuh.

Selain itu, bukannya masuk ke dalam tempat sampah, kuman justru menyebar hampir tiga meter jauhnya dari pengering itu sendiri, membuat siapa pun yang berada di sekitar pengering tersebut, termasuk kalian sendiri, berisiko terpapar kuman.

Nah, itu dia guys pengenalan tentang hand dryer atau pengering tangan ini. Jadi, sekarang kalian sudah tahu kan meskipun alat ini bisa dibilang praktis, namun tetap saja ada bahaya yang mengintai disekitarnya.

You may be interested

Yuk, Ketahui Tentang Ekologi
science
71 views
science
71 views

Yuk, Ketahui Tentang Ekologi

Vera Essy - May 25, 2018

Pernahkah Anda mendaki di hutan dan melihat keragaman organisme yang luar biasa hidup bersama, dari pohon pakis sampai pohon jamur…

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat
blog
238 views
blog
238 views

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat

Vera Essy - May 22, 2018

Sejak permainan casino didasarkan pada perjudian, pastinya akan ada banyak mitos seputar berbagai permainan karena sebagian orang percaya begitu banyak…

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet
Teknologi
156 views
Teknologi
156 views

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet

Vera Essy - April 29, 2018

Di era yang serba modern sekarang ini, kita semua pastinya sudah saling terhubung menggunakan teknologi. Bisa dibilang bahwa teknologi merupakan…