0 Followers

Apa Itu Motherboard? Yuk Pahami Penjelasannya Dan Kenali Istilahnya

April 18, 2018
42 Views

Dalam dunia komputer, kita pasti sering mendengar yang namanya Motherboard bukan? Motherboard atau yang juga dapat disebut sebagai mainboard, systemboard, logic board, baseboard, mobo atau sebuah printed circuit board (PCB) yang dianggap sebagai tulang belakangnya komputer. Mengapa disebut demikian? Ini dikarenakan Motherboard memiliki yang namanya Bus atau sebuah konektivitas elektrik yang tujuannya untuk menghubungkan semua perangkat atau komponen komputer seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB pada Motherboard.

Dengan terhubungnya komponen komputer pada Motherboard, disinilah kemampuan Motherboard dapat diketahui seperti sebagai pengontrol beberapa perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan mouse. Singkatnya disini Motherboard yang memperlakukan setiap komponen yang ada pada komputer saling berhubungan satu sama lain.

Jenis-jenis Motherboard

Motherboard tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, malainkan ada berbagai macam jenis yang berbeda seperti yang disebutkan dibawah ini.

1. Motherboard AT (Advanced Technology)

Ini adalah salah-satu jenis Motherboard yang memiliki ukuran besar 12 x 13.8 inci yang dikatakan pertama kalinya diperkenalkan dari IBM pada tahun 1984. Dari ukurannya yang besar, sehingga pemasangannya tidak muat pada desktop mini.

Selain sulit terpasang pada desktop mini, motherboard yang satu ini juga sulit melakukan instalasi, troubleshooting dan mengupgrade yang jaraknya dengan komponen sangat dekat.

2. ATX (Advanced Technology Extended)

Motherboard ATX juga salah-satu jenis motherboard yang diciptakan oleh Intel sekitar tahun 1990-an yang dianggap sebagai generasi lain dari Motherboard AT.

Seiring waktu, motherboard yang telah diciptakan semakin kecil sehingga penggunaannya semakin mudah dalam segala hal seperti instalasi, troubleshooting dan mengupgrade dan lain sebagainya. Dari kemudahannya, penggunaannya yang sangat populer hingga tahun ke tahun.

3. Micro-ATX

Yang satu ini dikatakan hampir sama dengan jenis ATX dan membedakan antara keduanya adalah ukuran ATX Yang lebih kecil. Tujuan ini dilakukan dengan mengurangi jumlah slot I/O yamng didukung oleh motherboard.

4. LPX (Low Profile Extended)

Ini adalah generasi dari motherboard AT yang rancangannya digunakan untuk casing Slimline atau low profile dan sengaja dirancang dalam hal mengurangi penggunaan ruang serta biaya.

Bedanya dengan jenis yang lain adalah pemasangan pada riser cardnya yang terpasang tegak dengan tujuan mengurangi tinggi casing. Pada umumnya, tinggi casing komputer dikarenakan oleh kartu itu sendiri.

5. BTX (Balanced Technology Extended)

Motherboard BTX adalah jenis Motherboard yang secara umum diciptakan dalam menghindarkan masalah yang sering terjadi seperti besarnya daya serta juga panas yang berlebih.Tidak seperti jenis yang lainnya dimana BTX memiliki hal yang sangat menarik seperti mengambil atau menggunakan udara dengan cara in-line agar dapat digunakan bagi komponen utama seperti processor, chipset dan video card sehingga pengguaan kipas berkurang.

6. Mini-ITX (Information Technology Extended)

Ini adalah jenis motherboard yang menghasilkan daya rendah dimana ukurannya yang kecil berkisar 17 x 17 cm yang merupakan hasil rancangan dari VIA Technologies sekitar tahun 2001. Walaupun ini sering ditemukan pada komputer yang tidakl terlalu besar, akan tetapi tidak menghasilkan panas yang melebihi batas. Ini dikarenakan memakan daya rendah sehingga tidak butuh adanya kipas.

Komponen-komponen dalam motherboard komputer

Motherboard memiliki berbagai macam komponen seperti yang disebutkan dibawah ini.

1. Socket Prosessor atau CPU Socket

Inilah yang disebut-sebut sebagai tempatnya dalam memasang prosesor. Komponen ini biasanya memiliki 4 buah lubang yang dijadikan sebagai penyanggga Heatsink Fun seperti apa yang dibutuhkan oleh prosesor dalam menghantar panas supaya bisa berfungsi.

Socket processor juga memiliki model tersendiri sehingga tidak cocok dengan yang lain. Untuk itu, kebaikan motherboard dikatakan sebaiknya mempertimbangkan socket processor agar pemasangan prosesor sesuai. Dan jangan lupa dengan memastikan socket processor dapat bekerjasama dengan prosessor yang akan digunakan.

2. Slot Memory

Jika dilihat dalam segi fisik atau tampilannya, slot memory memiliki panjang yang sesuai dengan ukuran memori RAM. Letak slot memory dikatakan bersampingan dengan socket prosessor yang terdiri lebih dari satu slot dimana RAM akan terpasang pada slot memory.

3. Slot IDE dan Slot SATA

Ini adalah kedua jenis komponen yang berbeda dalam bentuk akan tetapi fungsi dari keduanya dikatakan sama yaitu untuk menghubungkan hardisk atau CD-ROM ke motherboard.

Dari segi fisik kedua komponen tersebut dimana slot IDE memiliki bentuk yang agak panjang dan slot sata dengan bentuknya yang lebih kecil dengan adanya kabel data yang kecil pula.

4. Slot AGP dan PCI Express x16

Kedua komponen motherboard tersebut juga sama akan fungsi dimana dijadikan sebagai tempat dalam memasang VGA Card atau Graphic Card. Akan tetapi keduanya ini masing-masingnya berbeda jenis dimana AGP merupakan jenis yang lama dan tidak selalu ditemukan pada Motherboard Komputer keluaran terbaru. Untuk saat ini, kebanyakan motherboard komputer menggunakan slot PCI Express untuk menghubungkan kartu grafis.

5. Slot PCI dan PCI Express x1

Keduanya ini juga dianggap memiliki saluran 32 dan 64 bit standar local bus yang biasa digunakan dalam memasang berbagai jenis peripheral tambahan dalam peletakan beberapa komponen seperti VGA card, Sound Card, LAN card dan lain sebagainya.

Slot PCI Express dikatakan terdiri dari berbagai jenis yaitu PCI Express x16 dan PCI Express x1. Biasanya komponen ini juga terdiri dari beberapa komponen.

6. Chipshet BIOS

BIOS berasal dari singkatan Basic Input Output Sistem yang dianggap sebagai chip yang sangat berguna dalam mengontrol perangkat keras yang ada pada komputer. Ini sangat berperan penting dalam komputer dimana tugas lain dari BIOS untuk booting serta mengontrol hardware yang ada pada komputer.

Seiring perkembangan jaman teknologi, BIOS menjadi tergantikan oleh UEFI yang kualitasnya dikatakan lebih canggih dan pastinya tidak kalah dengan yang sebelumnya.

7. Battery CMOS

CMOS merupakan singkatan dari Complimentary Metal Oxide Semicondutor yang artinya adalah battery kecil yang biasanya bertugas dalam memberikan daya untuk BIOS serta untuk menyimpan setiap pengaturan yang ada pada BIOS.

Walaupun bentuknya yang hampir menyerupai baterai jam tangan, akan tetapi ukurannya lebih besar. Apabila CMOS dicabut, maka akan mengalami pengaturan ulang settingan BIOS ke pengaturan default.

8. Power Connector

Selanjutnya, Power Connector yang ada pada motherboard komputer dikatakan sangat berperan penting dalam menghubungkan power supply dengan motherboard dengan tujuan agar memiliki daya listrik dengan pin yang dimilikinya berkisar 20-24 pin.

9. Storage Drive Connector

Fungsi dari komponen motherboard komputer yang satu ini dikatakan sangat penting yaitu dalam menghubungkan perangkat yang dapat menyimpan data seperti Harddisk Drive, Optical Drive, SSD dan perangkat storage external.

10. I/O Ports

I/O Ports adalah sebagai tempatnya kumpulan port input dan output data serta menghubungkan perangkat input dan output yang biasanya ada pada motherboard dan letaknya tepat dibelakang CPU. Fungsi yang sangat penting dari komponen ini adalah sebagai penghubung komputer dengan monitor, mouse, USB dan jek audio.

11. Pin kabel front panel

Komponen inilah yang disebut-sebut tempatnya dalam memasang tombol power, tombol restart, LED power dan LED hardisk. Lain dari itu, juga bisa dijadikan sebagai tempatnya pemasangan kabel dengan ukuran yang sangat kecil.

Prinsip Kerja Motherboard Komputer

Sistem kerja motherboard biasanya berlaku dimana tegangannya 5volt yang tersedia dari dari power supply yang kemudian masuk pada motherboard. Dengan kondisi tersebut, biasanya keadaan komputer masih mati atau belum On atau berada pada posisi untuk di On kan. Pada saat tombol power ditekan, maka yang hidup adalah power supply yang menghasilkan tegangan sesuai apa yang menjadi kebutuhan bagi komputer.

Apabila tegangan tersebut telah masuk, sistem yang pertama kali berfungsi adalah sistem bios komputer. Kemudian sistem tersebut akan mencocokkan hardware yang tersambung serta memberikan alamat untuk semua hardware dengan tujuan supaya dapat dijadikan jalan masuk pada sistem operasi.

Agar dapat digunakan dan ingin berada pada setting BIOS, bisa dilakukan dengan menekan tombol DEL atau F2 atau juga sesuai apa yang telah ditentukan pada motherboard. Pada pengaturan BIOS, ada beberapa bagian yang yang bisa disetting dan tidak lain adalah sistem waktu, enable atau disable hardware, power management, mode harddisk dan sebagainya.

Setelah itu, motherboard komputer akan memberikan tanda loading atau juga yang disebut sebagai proses booting. Waktu dari proses tersebut tergantung dari kecepatan prosesor serta besarnya sistem operasi yang dibutuhkan. Dari proses tersebut, keadaan ram dan yang lainnya dikatakan telah berfungsi tidak seperti pada saat penyettingan BIOS dimana beberapa perangkat yang dimaksudkan belum berfungsi secara optimal.

Apabila telah selesai melakukannya, kemudian melanjutkan dengan mengaksesnya pada semua hardware yang telah tersambung pada motherboard. Ini akan berjalan optimal apabila adanya dukungan dari Driver pada masing-masing hardware. Driver disini dianggap sebagai pengenal hardware dari software supaya fiturnya dapat diakses semaksimal mungkin terhadap sistem operasi.

Apabila selesai mengoperasikan komputer, shutdown atau mematikan komputer merupakan proses akhir pada sistem operasi. Agar komputer bisa dimatikan, biasanya sistem operasi memberikan perintah Off untuk sistem power yang dilanjutkan dengan mematikan sistem power supply utama pada bagian power supply.

Istilah Dalam Motherboard

Ada beberapa istilah yang dapat dipelajari dari motherboard. Seperti apakah istilah tersebut? Berikut penjelasannya.

1. FSB (Front Side Bus)

Sesuai yang ada pada microprocessor, disini dikatakan FSB sebagai penghubung antara processor dengan memory utama. FSB secara khusus dikatakan sebagai alat komunikasi antara beberapa komponen yang terdapat pada motherboard.

2. HSF (Heat Sink Fan)

Ini dianggap sebagai salah-satu komponen yang dikatakan sangat penting dalam mengisap panas.

3. IDE (Integrated Drive Electronics)

Ini adalah singkatan dari Integrated Drive Electronics yang dikatakan sebagai standar interface antara data dengan disk storage.

4. IDE Controller

IDE controller atau yang dapat dikatakan sebagai Chipset dimana fungsinya untuk mengontrol atau mengatur komunikasi data peripheral.

5. Pata atau Ata

Istilah Pata atau yang disingkat dari Parallel Advanced Technology Attachment adalah penerapan komunikasi data yang dilakukan secara paralel terhadap disk drive dengan controller.

6. LGA1155

LGA adalah istilah yang berasal dari soket atau yang biasa digunakan pada CPU seperti Intel. Dan angka 1155 disebut-sebut sebagai petunjuk berdasarkan kaki prosesor yang ada.

7. MicroATX

Istilah ini biasanya ditemukan pada dimensi atau dua unsur ( unsur panjang dan unsur lebar) atau yang memenuhi kebutuhan motherboard.

8. Northbridge

Ini adalah istilah dari salah-satu chip yang dianggap sebagai penghubung antara processor ke sistem memory serta bus AGP dan PCI.

9. Southbridge

Istilah yang berikutnya adalah southbridge atau sebagai chipset yang tujuannya mengatur input dan output dari berbagai komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports dan slot tambahan PCI Express. Terlalu banyaknya kewajiban yang harus dilakukan, untuk kestabilannya, sekarang chipset telah dilengkap dengan heatsink.

Motherboard atau yang juga disebut ebagai mainboard, systemboard, logic board, baseboard atau mobo atau sebuah printed circuit board (PCB) yang dianggap sebagai tulang belakangnya komputer. Motherboard memiliki yang namanya Bus atau sebuah konektivitas elektrik yang tujuannya untuk menghubungkan semua perangkat atau komponen komputer

Demikian penjelasan mengenai Motherboard semoga dapat menambah wawasan anda.

You may be interested

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat
blog
6 views
blog
6 views

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat

Vera Essy - May 22, 2018

Sejak permainan casino didasarkan pada perjudian, pastinya akan ada banyak mitos seputar berbagai permainan karena sebagian orang percaya begitu banyak…

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet
Teknologi
47 views
Teknologi
47 views

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet

Vera Essy - April 29, 2018

Di era yang serba modern sekarang ini, kita semua pastinya sudah saling terhubung menggunakan teknologi. Bisa dibilang bahwa teknologi merupakan…

NAT” Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja
Teknologi
42 views
Teknologi
42 views

NAT” Pengertian, Fungsi Dan Cara Kerja

Vera Essy - April 27, 2018

Sebelumnya, pernah gak anda mendengar kata NAT. Bagi para pengguna komputer dan pengguna internet sudah biasa mendengar atau sudah akrab…