Followers

Yuk, Ketahui Tentang Ekologi

Pernahkah Anda mendaki di hutan dan melihat keragaman organisme yang luar biasa hidup bersama, dari pohon pakis sampai pohon jamur seukuran piring makan? Atau melakukan perjalanan darat dan menyaksikan pemandangan berubah di luar jendela. Jika demikian, Anda mendapatkan rasa ekologi klasik, cabang biologi yang meneliti bagaimana organisme berinteraksi satu sama lain dan dengan lingkungan fisik mereka.

Ekologi bukan hanya tentang hutan yang kaya spesies, tetapi hutan belantara murni, atau pemandangan indah. Apakah Anda  pernah menemukan kecoa yang hidup di bawah tempat tidur Anda, jamur yang tumbuh di kamar mandi Anda, atau bahkan jamur merambat di antara jari-jari kaki Anda? Jika demikian, maka Anda telah melihat contoh ekologi yang sama berlaku dalam tindakan. Hmm mungkin sulit dimengerti jika anda baru mendengar kata ekologi, dan untuk itu mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Ekologi

Ekologi (dari bahasa Yunani: οἶκος, “rumah” atau “relasi hidup”; -λογία,”) adalah studi ilmiah tentang distribusi, kelimpahan dan hubungan organisme dan interaksinya dengan lingkungan. Ekologi juga meliputi studi tentang populasi tumbuhan dan hewan, komunitas tumbuhan, hewan dan ekosistem. Ekosistem menggambarkan hubungan antar organisme di berbagai skala organisasi. Karena ekologi mengacu pada bentuk keanekaragaman hayati apa pun, para ahli ekologi melakukan riset segala sesuatu mulai dari peran bakteri kecil dalam daur ulang nutrisi hingga dampak hutan hujan tropis di atmosfer Bumi.

Ekologi sangat penting dalam memberikan informasi tentang bagaimana dunia bekerja. Ini juga memberikan fakta tentang saling ketergantungan antara dunia alam dan manusia. Pemahaman yang lebih baik tentang sistem ekologi dapat membantu kita memahami konsekuensi global dan regional persaingan di antara manusia atas sumber daya alam yang langka yang mendukung kita. Seperti banyak ilmu alam, pemahaman konseptual ekologi ditemukan dalam rincian studi yang lebih luas, termasuk:

• proses kehidupan menjelaskan adaptasi
  • distribusi dan kelimpahan organisme
  • pergerakan material dan energi melalui komunitas yang hidup
  • pengembangan ekosistem yang sukses, dan kelimpahan dan distribusi keanekaragaman hayati dalam konteks lingkungan.
  • Ekologi dibedakan dari sejarah alam, yang terutama berkaitan dengan studi deskriptif organisme. Ini adalah sub-disiplin biologi, yang merupakan studi tentang kehidupan.

Ada banyak aplikasi praktis ekologi dalam biologi konservasi, manajemen lahan basah, pengelolaan sumber daya alam (pertanian, kehutanan, perikanan), perencanaan kota (ekologi perkotaan), kesehatan masyarakat, ekonomi, ilmu dasar & terapan dan menyediakan kerangka kerja konseptual untuk memahami dan meneliti interaksi sosial manusia (ekologi manusia).

Contoh Ekologi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Ekologi adalah pengkajian hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya. Dan berikut ini merupakan sebagian kecil dari contoh ekologi.

• Ekologi Manusia

Beberapa ahli ekologi mempelajari manusia, efeknya pada satu sama lain dan organisme lain, dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Manusia menciptakan dampak luar biasa di dunia, dan beberapa konstruksi dapat dilihat dari luar angkasa. Beberapa ahli ekologi mempelajari fenomena ini, dan efek yang mungkin terjadi pada bioma. Ahli ekologi lainnya mempelajari perilaku manusia, dari mana asalnya, dan tekanan evolusioner yang mengarah padanya. Juga disiplin yang diperlukan dalam antropologi, ekologi manusia adalah bidang raksasa yang menganalisis evolusi manusia dan interaksi kita dengan alam.

• Konstruksi Niche dalam Rayap

Ahli ekologi dari berbagai spesialisasi yang berbeda mempelajari konstruksi niche, atau proses di mana organisme mengubah lingkungan mereka. Contoh dari ini adalah konstruksi niche dalam rayap. Rayap membangun gundukan yang tingginya lebih dari 6 kaki, dan dapat bergerak lebih jauh di bawah tanah.

Untuk mendapatkan oksigen ke bagian dalam yang berikutnya, rayap membentuk sarang agar udara tetap mengalir jauh di bawah tanah. Perilaku ini dapat dipelajari dalam banyak cara. Dalam ekologi evolusioner, mereka akan melihat protein yang menyebabkan rayap untuk membangun sarang, dan bagaimana mereka berubah seiring waktu dalam menanggapi lingkungan yang berbeda.

Dalam ekologi komunitas, ilmuwan mungkin akan mempelajari bagaimana gundukan rayap mempengaruhi lingkungan, dan bagaimana perubahannya dalam menanggapi lingkungan. Dalam ekologi ekosistem, fokusnya mungkin pada nutrisi rayap yang mendaur ulang tanah untuk mendukung pohon di dekatnya. Meskipun ruang lingkupnya sangat besar, semua aspek yang berbeda dianggap sebagai ekologi rayap.

Jenis-Jenis Ekologi

Ekologi adalah cabang biologi yang mempelajari bagaimana organisme berinteraksi dengan lingkungan dan organisme lain. Setiap organisme mengalami hubungan yang kompleks dengan organisme lain dari spesiesnya, dan organisme dari spesies yang berbeda. Interaksi kompleks ini menyebabkan tekanan selektif yang berbeda pada organisme. Tekanan bersama-sama mengarah pada seleksi alam, yang menyebabkan populasi spesies berevolusi. Ekologi adalah studi tentang kekuatan-kekuatan, apa yang menghasilkan dan hubungan kompleks antara organisme dan satu sama lain, dan organisme lingkungan non-hidup.

Ilmuwan dapat melihat ekologi melalui berbagai lensa yang berbeda, dari tingkat molekuler mikroskopis sampai ke planet secara keseluruhan. Berbagai jenis ekologi ini akan dibahas lebih lanjut. Di setiap tingkat ekologi, fokusnya adalah pada tekanan selektif yang menyebabkan perubahan evolusioner. Tekanan-tekanan ini muncul dari berbagai sumber yang berbeda, dan ada banyak metode untuk mengamati dan mengukur data ini.

Bidang ekologi memiliki berbagai macam sub-murid. Meskipun jenis-jenis ekologi di bawah ini dibagi oleh tingkat organisasi yang dilihat, beberapa ahli ekologi mengkhususkan diri dalam aspek-aspek spesifik dari masing-masing bidang. Misalnya, ekologi kognitif adalah cabang ekologi organismal yang mempelajari proses mental hewan.

Penelitian ekologi lainnya hanya interaksi antara manusia dan sisa bioma, bidang yang dikenal sebagai ekologi manusia atau ilmu lingkungan. Masih ekolog lainnya fokus pada interaksi antara organisme dan faktor abiotik yang mempengaruhi evolusi mereka, seperti nutrisi dan racun di lingkungan. Ekologi adalah bidang yang luas, berikut ini hanya contoh dari berbagai hal yang dipelajari ilmuwan dalam ekologi. Adapun jenis-jenis ekologi, diantaranya yaitu:

• Ekologi Populasi

Tingkat organisasi organisme berikutnya, populasi, adalah kelompok organisme dari spesies yang sama. Karena beraneka ragam kehidupan di Bumi, spesies yang berbeda telah mengembangkan banyak strategi berbeda untuk berurusan dengan spesies mereka, atau organisme dari spesies yang sama. Beberapa spesies bersaing secara langsung dengan yang lain, sementara organisme lain membentuk ikatan sosial yang erat dan bekerja sama untuk mengamankan sumber daya.

Cabang ekologi, ekologi sosial, mempelajari organisme seperti lebah dan serigala, yang bekerja sama untuk menyediakan koloni atau paket. Interaksi kompleks antara organisme-organisme ini dan lingkungan di sana mengarah pada kekuatan selektif yang berbeda dari pada hewan yang bersaing dengan yang lain.

Faktanya, ilmuwan berhipotesis bahwa peningkatan kesuksesan yang ditemukan dalam masyarakat manusia mungkin telah mengarahkan manusia menjadi komunikatif. Populasi ahli ekologi mempelajari populasi organisme dan interaksi kompleks yang mereka miliki dengan lingkungan dan populasi lainnya.

• Ekologi Komunitas

Berbeda dengan ekologi Populasi yang hidup di lingkungan yang sama menciptakan komunitas organisme. Komunitas-komunitas ini menciptakan ceruk, atau berbagai ruang, bagi organisme untuk ditempati. Misalnya, beberapa ceruk dapat ditemukan di ladang gandum. Gandum ada pada sinar matahari dan nutrisi di tanah. Berbagai serangga hidup dari nutrisi yang dikumpulkan oleh gandum. Bakteri tertentu menempati ceruk di akar, di mana mereka mengubah nitrogen untuk tanaman.

Pakar ekologi komunitas mempelajari interaksi rumit ini dan tekanan selektif yang mereka hasilkan. Kadang-kadang, organisme di masyarakat akan mulai mengalami evolusi bersama di mana ke atau lebih spesies keduanya berevolusi sebagai respons terhadap satu sama lain. Ini dapat dilihat pada banyak spesies, dari lebah dan bunga yang mereka penyerbuk ke predator dan mangsa yang mereka makan.

• Ekologi Organisme

Mengambil langkah mundur, studi ekologi organisme berhubungan dengan organisme individu dan interaksinya dengan organisme lain dan lingkungan. Sementara biologi organismal adalah pembagian ekologi, itu masih merupakan bidang besar. Setiap organisme mengalami berbagai macam interaksi dalam masa hidupnya, dan untuk mempelajari semuanya tidak mungkin. Banyak ilmuwan yang mempelajari ekologi organisme fokus pada satu aspek organisme, seperti perilakunya atau bagaimana mengolah nutrisi dari enviorment.

Bidang etologi, atau studi tentang perilaku, juga dapat dipelajari sebagai ekologi. Alih-alih hanya menganalisis perilaku tertentu pada hewan, ahli ekologi perilaku mempelajari bagaimana perilaku tersebut mempengaruhi organisme secara evolusi, dan bagaimana lingkungan memberi tekanan pada perilaku tertentu.

Sebagai contoh, seorang ahli ekologi perilaku mungkin mempelajari cara elang memburu mangsa, mencatat perilaku mana yang mengarah pada kesuksesan dan mana yang gagal. Dengan cara ini, ilmuwan dapat berhipotesis kekuatan yang menyebabkan elang berperilaku seperti yang mereka lakukan. Informasi ini dapat sangat penting ketika mencoba mengembangkan rencana konservasi untuk melindungi hewan di alam liar.

• Ekologi Molekuler

Pada tingkat molekuler, studi ekologi berfokus pada produksi protein, bagaimana protein tersebut mempengaruhi organisme dan lingkungan, dan bagaimana lingkungan pada gilirannya mempengaruhi produksi berbagai protein. Dalam semua organisme yang dikenal, DNA memunculkan berbagai protein, yang berinteraksi satu sama lain dan lingkungan untuk mereplikasi DNA. Interaksi ini mengarah pada beberapa organisme yang sangat kompleks. Ahli ekologi molekuler mempelajari bagaimana protein ini dibuat, bagaimana mereka mempengaruhi organisme dan lingkungan, dan bagaimana lingkungan pada gilirannya mempengaruhi mereka.

• Ekologi Ekosistem

Skala organisasi organisme terbesar adalah ekosistem. Ekosistem adalah jaringan komunitas biologis yang saling berhubungan. Ekosistem terbesar, biosfer, mencakup semua ekosistem di dalamnya. Ekosistem ekologi mempelajari pola kompleks yang dihasilkan oleh interaksi ekosistem dan faktor abiotik lingkungan. Mereka dapat mempelajari air, nutrisi, atau bahan kimia lain yang mengalir melalui ekosistem. Ekologi ekosistem adalah ilmu yang sangat kompleks dan berskala besar yang mencakup banyak disiplin ilmu.

Klasifikasi Ekologi

Klasifikasi ekologi memungkinkan pendekatan yang terperinci dan teliti untuk semua elemen dan interaksi yang dapat didaftarkan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ada beberapa cabang lain, sesuai dengan status lingkungan yang berbeda, habitat, taksonomi yang:

• Ekologi mikroba: Mengacu pada cabang ekologi yang mempelajari mikroorganisme di habitat alami mereka.
  • Ekologi matematis: Menerapkan metodologi ilmu matematika untuk mengatasi masalah yang timbul dari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Ini membentuk dasar untuk perumusan pernyataan teoritis ekologi.
  • Ekologi rekreasi: Ia mempelajari hubungan ekologis antara manusia dan alam dalam konteks rekreasi. Ini sangat penting untuk pariwisata berkelanjutan dan pengelolaan yang tepat dari kawasan lindung alami untuk tujuan rekreasi.
  • Ekologi Lansekap: Fokusnya adalah dalam studi tentang dampak yang dapat dihasilkan oleh kelompok manusia pada lanskap alam yang menjadikan manusia sebagai agen yang menarik dari dinamika fisik-ekologi di sekitarnya.

Demikian itulah materi yang dapat saya sampaikan mengenai ekologi. Semoga dengan adanya artikel diatas teman-teman bisa memahaminya.