Followers

Pengertian Dan Fungsi Dari “Notepad”

Notepad merupakan editor teks generik yang disertakan dengan semua versi Microsoft Windows yang memungkinkan anda membuat, membuka dan membaca file plaintext. Ini juga akan membantu anda menyimpan file dengan sangat mudah.

Jika anda seorang penulis, anda bakalan mengerti dengan teks generik yang akan anda simpan dalam aplikasi notepad tersebut. Notepad akan mempermudah anda dalam segala hal tentang penyimpanan file dan ini juga akan mempermudah anda untuk membuka file yang anda simpan. Dan saya akan membahas lebih dalam lagi ulasan tersebut dibawah ini.

Pengertian Notepad

Notepad adalah Teks sederhana untuk Microsoft Windows dan program pengeditan teks dasar yang memungkinkan pengguna komputer membuat dokumen. Selain itu, noteped merupakan sebuah penyuntingan teks dan penyuntingan kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows.

Jika file berisi format khusus atau bukanfile plaintext, maka file tersebut tidak dapat dibaca di Mikrosoft Notepad. Notepad termasuk program bawaan dari Windows yang biasa digunakan untuk menulis keterangan-keterangan yang penting dari program aplikasi seperti halnya lisensi program atau yang lainnya.

Notepad menggunakan komponen Scintilla agar dapat menampilkan dan menyunting teks dan berkas kode sumber untuk berbagai bahasa pemograman. Ini pertama kali dirilis sebagai program MS-DOS berbasis mouse pada tahun 1983 dan telah disertakan dalam semua versi Microsoft Windows sejak Windows 1.0 pada tahun 1985.

Notepad sangat berguna dalam hal penyimpanan data, misalnya : untuk perusahaan besar yang akan menyiapkan file-file penting. Para pengguna komputer pun sering menggunkannya untuk kepentingan pribadi, kerja dan lain-lain. Contohnya, notepad digunakan untuk belajar, mengetik HTML, membuat blog dan sebagainya.

Perangkat lunak komputer yang kita gunakan memiliki kelebihan pada peningkatan kemampuan sebuah program text editor, lebih dari sekedar program Notepad bawaan Windows. Saat sedang mengumpulkan informasi yang sangat kita butuhkan, kita dapat menyimpannya di notepad, karena ketika kita menyimpannya dalam notepad, kita gak usah takut nantinya bakalan hilang pokoknya ini bakalan aman kok. Selagi anda menggunakannya dengan baik dan tidak merugikan orang lain, maka semuanya akan terlihat baik-baik.

Jika Anda belum banyak menggunakan Notepad, mungkin Anda akan terkejut dengan cara kerjanya yang mudah digunakan. Dengan hasil pengoperasian yang sangat simple dan memiliki kecepatan yang tinggi

Sejarah Notepad

Perkembangan komputasi digital selanjutnya mulai berjalan pelan dan jarang digunakan dalam dunia bisnis sampai dengan pertengahan tahun 1920 an. Hingga akhirnya pada tahun 1925 MIT (Massachusette Institute of Technology) telah mengembangkan sebuah mesin yang mampu menganalisis perhitungan differensiasi dan integrasi. Mesin yang didanai oleh Yayasan Rockefeller ini dapat dikatakan sebuah komputer terbesar di dunia pada tahun 1930. Selanjutnya ia ingin mengembangkan mesin lain menjadi multifungsi yang diberi nama ‘Analytical Engine’, pengembangan ini ia lakukan hingga tahun 1842.

Pada tahun 1847 Charles Babbage kembali menyempurnakan Difference Engine dan pada tahun 1949 ia berhasil membuat versi keduanya. Pada tahun 1871, Charles Babbage pun menghembuskan nafas terakhir. Untuk melindungi karya-karya milik Ayahnya, Henry Prevost membuat beberapa copyan unit perhitungan aritmatika sederhana dari mesin yang dihasilkan Ayahnya.

Persi pertama Microsoft Notepad mendahului Windows, itu termasuk dalam satu set utilitasdi undel dengan Mouse Microsoft pada awal 1982 seperti versi berikutnya (ini adalah editor teks biasa dan memanfaatkan mouse untuk menu navitasi dan manipulasi teks.

Namun tidak seperti penerus Windows, itu adalah program ter atas pada operasi full screen dalam semua versi Windows. Perkembangan dunia komputasi berlanjut pada tahun 1880. Pada tahun 1854, seseorang bernama Charles Boole mampu menciptakan sebuah sistem logika simbolik yang diberi nama Logika Boole. Sistem ini mencakup pula logika untuk menyatakan hubungan lebih besar, lebih kecil, sama dengan, tidak sama dengan. Sistem logika ini masih digunakan hingga saat ini.

Fungsi Notepad

Ini dapat membantu user ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan Notepad dan melihat versi yang disunakan pada komputer anda. Selain itu, berikut ini merupakan fungsi lain dari notepad:

  • Sebagai digital diary : Dapat memasukkan tanggal dan informasi waktu dalam setiap baris secara otomatis dengan menekan F5
  • Mengedit komponen teksnya dengan hanya menyalin dari kode HTML kemudian menyalin ke notepad
  • Mendesain dengan berbasis teks
  • Mempermudah dalam membuat scritpt sederhana
  • Bisa membuat script jahat misalnya : script memformat harddisk dan membuat virus
  • Notepad sebagai pemnuat autorun pada Drive tambahan
  • Dapat digunakan untuk mendesain dengan berbasis teks
  • Sebagai alat kreatif desainer
  • Mengganti sebuah kata di dalam suatu tulisan
  • Multifungsi untuk membuat virus atau antivirus tergantung isinya
  • Pembuat file berextension reg, untuk settingan Windows melalui registry windows
  • Sebagai aplikasi yang terkadang lucu, seperti Anda juga bisa membuat komputer Anda ngomong dengan notepad
  • Notepad sebagai HTML Stripper

Mungkin hal ini cukup mengejutkan. Namun, faktanya para programmer awalnya tertarik dengan komputer karena ia bisa mengembangkan imajinasinya dengan notepad ini. Tapi, lama kelamaan para programmer itu tertarik untuk lebih mengembankan bakatnya dengan menggunakan aplikasi pemrograman lainya. Namun dibalik itu semua, ini notepad memiliki manfaat yang cukup besar bagi para hacker dengan menyediakan berbagai macam bahasa pemograman. Ini akan memberikan kemudahan bagi para hacker untuk melaksanakan tujuannya.

Notepad memiliki manfaat yang cukup besar untuk peran dalam penyimpanan dengan berbagai program.Ini juga dapat membantu para hacker agar dapat meretas dan memblokir suatu jaringan atau situs. Semua dapat dilakukan untuk mempermudah penggunaannya dengan berbagi macam manfaat yang sangat menguntungkan.

Kelebihan Notepad

Membuat Ketikkan keyboard menjadi tidak beraturan,seperti ulah virus.script seperti ini sangat cocok bagi kamu yang suka isengin komputer temen yang lain

  1. Membuat Aplikasi DOS seperti Lampu Disco dengan Notepad
  2. Lebih mudah digunakan
  3. Bagus untuk mentimpan bookmark pada file
  4. Prosesnya sangat cepat
  5. Memiliki fitur autocomplete yang baik
  6. Bagus untuk menyimpan artikel seperti SEO
  7. Mengetahui kata kunci yang masuk ke dalam draft artikel
  8. Dapat dijadikan sebagai file dari sumber-sumber yang ada dalam internet
  9. Memiliki multi tab sehingga dapat membuka file secara bersamaan
  10. Default directory dapat diatur sesuai keinginan

Adapun defenisi dari notepad ini adalah cara membuka notepad bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi. Bagi mereka pengguna komputer bakalan sudah terbisa dengan yang namanya notepad. Namu, ada juga sebagian ornag yang belum memahami dengan betul apa itu arti dari notepad itu sendiri.

Apalagi dengan kegunaan dan kelibihan yang dimilikinya. Hal ini yang membuat para pengguna komputer suka menggunakannya. Selain itu, programer juga sangat bangga menggunkan notepad tersebut. Sebab, ini dapat membantu mereka untuk menyimpan file atau format yang mereka miliki agar tersimpan dengan aman dan dapat dibuka dengan mudah.

Notepad ini dapat memberikan sebuah pekerjaan yang mengharuskan anda menggunakan notepad.Karena ini adalah salah satu tindakan yang akan membantu anda dalam melakukan pekerjaan. Ini juga sangat penting bagi para pelajar untuk menyimpan sumber pembelajaran yang mereka butuhkan. Mereka juga akan terbantu dengan penyimpanan file yang sangat mudah dan tidak ribet.

Pengoperasikan Notepad

Notepad dapat dioperasikan dengan menggunakan Shortcut Keyboard. Dengan fungsi yang dimiliki notepad, maka shortcut dapat mempercepat anda dalam bekerja. Ini juga dapat bekerja dengan menggunakan software dan di dukung pengguna shortcut yang akan mempercepat prosesnya dan lebih efektif serta efisien. Dan ini merupakan salah satu software yang digunakan oleh notepad dan juga dinyatakan bahwa ternyata not bad dapat juga dioperasikan dengan menggunakan shortcut keyboard.

Namun bagi sebagian orang, cara kerja shortcut keyboard masih cukup awam di notepad. Salah satu yang menyebabkan adalah penggunaan yang memang sangat jarang di gunakan. Para pengguna Notepad biasanya adalah para developer software yang berbasis php ada juga para programer lainnya. Karena mereka lebih memahami penggunaan notepad yang kerap mereka minati dalam pekerjaannya. Dan akan lebih baik lagi jika anda memanfaatkan shortcut keybord untuk pekerjaan anda agar lebih cepat selesai.

Nah,, itulah sekilas penjelasan mengenai ulasan di atas. Ini menjelasan bagaimana notepad itu sangat di inginkan oleh banyak orang. Selain fungsinya yang sangat menguntungkan, ini juga dapat memberikan ketertarikan dengan pengguna baru yang ingin mengenal aplikasi notepad ini.

Dengan cara penggunaan yang sangat mudah dan cara kerjanya yang cepat, maka orang yang ingin menggunakannya akan selalu memberikan komentar positif. Notepad ini juga memperkenalkan anda tentang proses pengoperasiannya yang tidak membingungkan penggunanya.