Followers

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Microsoft Windows

Windows merupakan sistem komputer dengan menyediakan tampilan grafis dan mengorganisir informasi sehingga mudah digunakan. Sistem operasi menggunakan ikon dan alat menyederhanakan operasi kompleks yang dilakukan oleh komputer. Microsoft Windows adalah sistem operasi umum untuk pengguna komputer di rumah. Hal ini juga biasa ditemukan di tempat kerja dan komputer sekolah. Beberapa versi Windows digunakan pada server di perusahaan dan sekolah juga dan juga mudah digunakan.

Pengertian Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah kelompok dari beberapa bagian sistem operasi grafis yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows juga merupakan sistem operasi andalan Microsoft. OS berbasis GUI diperkenalkan pada tahun 1985 dan telah diliris dalam berbagai versi. Microsoft memulai kemitraan dengan Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975. Gates dan Allen mengembangkan Xenix (versi Unix) dan juga berkolaborasi dalam BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981.

Keluarga Windows yang aktif termasuk Windows NT dan Windows Embedded, yang mungkin mencakup subfamili, mis. Windows Embedded Compact (Windows CE) atau Windows Server. Keluarga Windows yang tidak berfungsi termasuk Windows 9x, Windows Mobile dan Windows Phone. Sistem operasi yang dirancang dan diproduksi oleh Microsoft Corporation. Microsoft memperkenalkan Windows pada tanggal 20 november 1985, sebagai shell sistem operasi grafis untuk MS-DOS.

Microsoft menjadi terkenal dengan merilis MS DOS, sebuah sistem operasi berbasis command line dan berbasis teks. DOS sebagian besar didasarkan pada kekayaan intelektual yang dibeli QDOS. Sistem operasi berbasis GUI saat itu termasuk Alto Xerox, diluncurkan pada tahun 1979 dan sistem LISA dan Macintosh milik Apple. Penggemar Microsoft yang mati menyebut sistem tersebut dengan sebutan WIMPs, yang merupakan singkatan dari “jendela, ikon, mouse dan menu pull-down”.

Namun, Bill Gates melihat potensi dalam sistem berbasis GUI sebanyak Steve Jobs dan memulai idenya untuk sebuah proyek yang dia sebut sebagai Interface Manager. Gates berpikir bahwa dia bisa membawa antarmuka pengguna grafis ke massa dengan biaya lebih rendah daripada LISA senilai $ 9.000. Sisa dari Microsoft mendukung ide ini, namun tidak puas dengan namanya. Ironisnya, mengingat penghinaan mereka atas WIMP, tim memilih Windows sebagai nama sistem yang baru.

Dengan pengembangan Windows, Bill Gates, Paul Allen dan Steve Ballmer telah memulai kolaborasi tunggal yang paling berpengaruh dalam sejarah perangkat lunak komputer. OS Windows selalu memiliki persaingan, beberapa di antaranya telah gratis dan beberapa di antaranya memiliki keunggulan dalam gaya. Namun, tidak ada sistem operasi lain yang diketahui begitu banyak pengguna komputer di seluruh dunia atau secara konsisten dominan dalam pasar. Microsoft telah mempertahankan posisi ini dengan peluncuran versi baru yang stabil selama bertahun-tahun untuk mendukung dan memanfaatkan kemajuan perangkat keras.

Sebelum rilis pertama sistem ini, Steve Jobs dan Apple mengajukan tuntutan yang mengklaim bahwa Windows mencuri dari LISA. Microsoft mengklaim bahwa kedua sistem operasi tersebut mendapatkan inspirasi dari Alto Xerox dan inilah sumber kesamaan mereka. Masalahnya diselesaikan dengan sebuah kesepakatan bahwa Windows 1.0 tidak akan menggunakan teknologi yang diperdebatkan, namun persyaratannya dibiarkan terbuka untuk versi masa depan.

Sejarah Mikrosoft Windows

Microsoft Windows diumumkan oleh Bill Gates pada tanggal 10 November 1983. Microsoft memperkenalkan Windows sebagai antarmuka pengguna grafis untuk MS-DOS, yang telah diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya. Pada 1990-an, ini produk berevolusi dari lingkungan operasi menjadi sistem operasi modern yang lengkap melalui dua jalur pengembangan dengan basis yang dimiliki.

Versi pertama Windows (1.0 sampai 3.11) merupakan program yang dijalankan dari MS-DOS yang kemudian mengambil alih layar dan meluncurkan sebuah aplikasi bernama Program Manager. Kemudian Windows 95 dengan basis MS-DOS dengan sistem operasinya menggunakan kernel berbasis DOS 16 bit dan ruang pengguna 32-bit. Windows 95 memperkenalkan banyak fitur dari produk ini, termasuk menu Start, taskbar dan Windows Explorer (berganti nama menjadi File Explorer di Windows 8). Pada tahun 1997, Microsoft merilis Internet Explorer 4 yang menyertakan Windows Desktop Update. Ini bertujuan untuk mengintegrasikan Internet Explorer dan web ke dalam antarmuka pengguna dan juga membawa banyak fitur baru ke dalam.

Windows mampu untuk menampilkan gambar JPEG sebagai wallpaper desktop dan satu navigasi jendela di Windows Explorer. Pada tahun 1998, Microsoft merilis Windows 98, yang juga menyertakan Windows Desktop Update dan Internet Explorer 4 secara default. Dengan menggabungkan Internet Explorer 4 dan Desktop Update menyebabkan kasus anti-trust di Amerika Serikat. Windows 98 juga menyertakan plug and play, yang memungkinkan perangkat berfungsi tanpa memerlukan sistem reboot atau konfigurasi manual dan dukungan USB di luar kotak.

Windows ME, versi DOS berbasis DOS, ditujukan untuk konsumen dan diluncurkan pada tahun 2000. Sistem ini memperkenalkan System Restore, Help and Support Center, versi terbaru dari Disk Defragmenter dan alat sistem lainnya. Pada tahun 1993, Microsoft merilis Windows NT 3.1, versi pertama dari sistem operasi Windows NT yang baru dikembangkan. Berbeda dengan seri sistem operasi Windows 9x, sistem operasi ini sepenuhnya 32-bit.

Perkembangan Microsoft Windows

Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. Windows banyak memiliki versi, ada windows 3.11, windows 95, windows 98, windows xp, windows me, windows 7, windows 8. Windows juga. Berikut merupakan perkembangan dari Microsoft Windows.

  • Windows 1.x

Versi independen pertama Microsoft Windows, versi 1.0, yang dirilis pada tanggal 20 November 1985 dan mendapat sedikit popularitas. Windows 1.0 bukanlah sistem operasi yang lengkap, melainkan sebuah “lingkungan operasi” yang memperluas MS-DOS dan berbagi kelemahan dan masalah inheren yang terakhir.

  • Windows 2.x

Microsoft Windows versi 2 keluar pada 9 Desember 1987 dan terbukti sedikit lebih populer dibanding yang pertama. Windows 2.0 “versi run-time” dengan aplikasi grafis baru Microsoft, Excel dan Word for Windows. Versi 2.0x menggunakan model memori real-mode, yang membatasi memori maksimal 1 megabyte.

  • Windows 3.0

Windows 3.0, dirilis pada bulan Mei 1990, meningkatkan kemampuan yang diberikan pada aplikasi asli. Windows 3.0 akhirnya memiliki pesaing dengan pengguna komputer Macintosh. Windows 3.0 bisa berjalan dalam mode yang nyata, standar, atau 386 dan kompatibel dengan prosesor Intel manapun dari 8086/8088 hingga 80286 dan 80386.

  • OS/2

Selama pertengahan hingga akhir 1980an, Microsoft dan IBM telah mengembangkan OS / 2 sebagai penerus DOS. OS / 2 akan memanfaatkan sepenuhnya mode terproteksi dari prosesor Intel 80286 dan memori hingga 16 MB. OS / 2 1.0, dirilis pada tahun 1987, didukung swapping dan multitasking dan akan menjalankan executable DOS.

  • Windows 3.1x

Microsoft Windows 3.1 pertama kali diluncurkan pada bulan April 1992 yang mencakup beberapa perbaikan pada Windows 3.0. Seperti tampilan font scalable TrueType, peningkatan kinerja disk pada 386 Enhanced Mode (Mode Tambahan), dukungan multimedia dan perbaikan bug. Microsoft juga merilis Windows 3.11, sebuah touch-up ke Windows 3.1 yang mencakup semua patch.

  • Windows NT 3.x

Windows NT adalah Dave Cutler, salah satu arsitek utama VMS di Digital Equipment Corporation yang merupakan bagian dari Hewlett-Packard). NT juga memiliki opsi konektivitas jaringan lanjutan dan NTFS, menjadi sebuah sistem berkas yang efisien.

  • Windows 95

Setelah Windows 3.11, Microsoft mulai mengembangkan versi berorientasi konsumen baru dari sistem operasi dengan kode nama Chicago. Pemasaran Microsoft mengadopsi Windows 95 sebagai nama produk untuk Chicago saat dirilis pada 24 Agustus 1995. Microsoft melanjutkan untuk merilis lima versi berbeda dari Windows 95:

  1. Windows 95 – rilis asli
  2. Windows 95 A – termasuk Windows 95 OSR1 yang dimasukkan ke dalam instalasi.
  3. Windows 95 B – (OSR2) menyertakan beberapa perangkat tambahan utama, Internet Explorer (IE) 3.0 dan dukungan sistem file FAT32 penuh.
  4. Windows 95 B USB – (OSR2.1) menyertakan dukungan USB dasar.
  5. Windows 95 C – (OSR2.5) menyertakan semua fitur di atas, ditambah IE 4.0. Ini adalah versi 95 yang terakhir diproduksi.
  • Windows NT 4.0

Windows NT 4.0 adalah penerus 3,51 (1995) dan 3,5 (1994). Microsoft merilis Windows NT 4.0 ke manufaktur pada bulan Juli 1996, satu tahun setelah peluncuran Windows 95. Windows NT 4.0 hadir dalam empat versi:

  1. Windows NT 4.0 Workstation
  2. Server Windows NT 4.0
  3. Server Windows NT 4.0, Edisi Enterprise (mencakup dukungan untuk 8-way SMP dan clustering)
  4. Server Terminal Windows NT 4.0
  • Windows 98

Pada tanggal 25 Juni 1998, Microsoft merilis Windows 98. Dukungan USB pada Windows 98 mengalami perbaikan besar atas Windows 95. Rilis berlanjut dengan masuknya browser Internet Explorer yang kontroversial dengan sistem operasi yang dimulai dengan Windows 95 OEM Service Release 1.

  • Windows 2000

Microsoft merilis Windows 2000 pada tanggal 17 Februari 2000. Ia memiliki nomor versi Windows NT 5.0. Windows 2000 telah memiliki empat paket layanan resmi. Windows 2000 tersedia dalam empat edisi:

  1. Windows 2000 Professional
  2. Windows 2000 Server
  3. Windows 2000 Advanced Server
  4. Server Datacenter Windows 2000
  • Windows ME

Pada bulan September 2000, Microsoft merilis sebuah penerus Windows 98 yang disebut Windows ME, singkatan dari “Millennium Edition”. Itu adalah sistem operasi berbasis DOS terakhir dari Microsoft. Windows ME memperkenalkan aplikasi pengeditan multimedia baru yang disebut Windows Movie Maker, hadir dengan Internet Explorer 5.5 dan Windows Media Player 7.

  • Windows XP dan Server 2003

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP (dengan kode nama “Whistler”). Penggabungan jalur Windows NT / 2000 dan Windows 95/98 / Me akhirnya diraih dengan Windows XP. Windows XP tersedia dalam beberapa versi:

  1. Windows XP Home Edition
  2. Windows XP Professional
  3. Windows XP Professional N
  4. Windows XP Media Center Edition (MCE)
  5. Windows XP Tablet PC Edition, for tablet PCs
  6. Windows XP Tablet PC Edition 2005
  7. Windows XP Embedded
  8. Windows XP Starter Edition
  9. Windows XP Professional x64 Edition
  10. Windows XP 64-bit Edition
  • Windows Vista dan Server 2008

Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 untuk pelanggan bisnis – versi konsumen diikuti pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista dikirim dalam enam edisi:

  1. Pemula (hanya tersedia di negara berkembang)
  2. Home basic
  3. Home Premium
  4. Bisnis
  5. Perusahaan (hanya tersedia untuk bisnis dan perusahaan besar)
  6. Ultimate (menggabungkan kedua Home Premium dan Enterprise)
  • Windows 7 dan Server 2008 R2

Windows 7 dirilis ke manufaktur pada tanggal 22 Juli 2009 dan mencapai ketersediaan ritel secara umum pada tanggal 22 Oktober 2009. Windows 7 dikirimkan dalam enam edisi:

  1. Pemula (tersedia di seluruh dunia)
  2. Home basic
  3. Home Premium
  4. Profesional
  5. Enterprise (hanya tersedia untuk pelanggan bisnis lisensi volume saja)
  • Windows Home Server 2011

Windows Home Server 2011 kode bernama ‘Vail’ dirilis pada tanggal 6 April 2011. Windows Home Server 2011 dibangun di atas basis kode Windows Server 2008 R2 dan menghapus teknologi penyatuan drive Drive Extender di rilis Windows Home Server yang asli. Windows Home Server 2011 dianggap sebagai “rilis besar”. WHS 2011 hanya mendukung perangkat keras x86-64.

  • Windows 8 dan Server 2012

Pada tanggal 26 Oktober 2012, Microsoft merilis Windows 8 ke publik. Windows 8 tersedia dalam edisi berikut:

  1. Windows 8
  2. Windows 8 Pro
  3. Windows 8 Enterprise
  4. Windows RT
  • Windows 10 and Server 2016

Windows 10, dengan kode nama Threshold adalah rilis terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows. Diresmikan pada tanggal 30 September 2014, diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2015. Ini didistribusikan tanpa biaya kepada pengguna Windows 7 dan 8.1 selama satu tahun setelah rilis. Sejumlah fitur baru seperti Cortana, browser web Microsoft Edge, kemampuan untuk melihat aplikasi Windows Store sebagai jendela, bukan layar penuh, virtual desktop, aplikasi inti yang dirubah, Continuum dan aplikasi Settings terpadu adalah semua fitur yang diluncurkan pada Windows 10.

Fungsi Mikrosoft Windows

Microsoft Windows berfungsi sebagai inti sebagian besar komputer desktop dan laptop, dengan sekitar 90 persen menjalankan versi sistem operasi. Windows menawarkan platform untuk program lain untuk dijalankan. Microsoft telah membangun platform ini selama tiga dekade terakhir, menambahkan antarmuka pengguna dan fitur yang lebih rumit yang membuat komputer berjalan lebih kuat dan mudah digunakan.

Akomodasi terhadap jaringan atau fungsi-fungsi client-server juga tidak sekuat pada UNIX dan turunannya. Sehingga masalah yang sering muncul di sistem operasi Windows adalah masalah keamanan yang berhubungan dengan jaringan.

Fungsi lain yang dimiliki Microsoft Windows yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai basis program komputer untuk bekerja di luar Windows
  • Mengendalikan perangkat keras sistem dengan OS
  • Sebagai peluncur dan pengelola file
  • Membuka program
  • Mengatur dokumen
  • Mentransfer data.

Kelebihan Dan Kekurangan Microsoft Windows

Ini adalah sistem operasi yang dirakit di bawah model pengembangan perangkat lunak open source dan banyak digunakan untuk tujuan server. Ini mendukung banyak bahasa pemrograman seperti C, C ++, JAVA, PHP dan banyak lagi. Sistem operasi Microsoft Windows yang diluncurkan pada tahun 90-an ini menerima sukses besar, dengan penggunaan user yang tinggi, yang membuat Microsoft Windows semangat untuk dikembangkan terus, hingga saat ini. Berikut kelebihan dari kekurangan Microsoft Windows.

 

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang membuat banyak pengguna lebih memilih menggunakan Microsoft Windows karena sangat mudah untuk digunakan. Dibawah ini merupakan kelebihan microsoft windows.

  1. Support oleh beragam jenis dari hardware jaringan komputer
  2. Dukungan dari para programmer IT dunia
  3. Open Source
  4. Banyak software berbasis Windows
  5. Dukungan driver yang lebih banyak
  6. Lebih mudah untuk digunakan karena lebih user friendly daripada OS lain
  7. Instalasi software lebih gampang daripada OS lain
  8. Sangat kompatibel dengan aplikasi Office
  9. Mudah Diperbaiki dan Dikembangkan
  10. Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows
  11. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu
  12. Mempermudah pemakaian Sistem dan interface-nya

Kekurangan

Di balik adanya keunggulan yang dimiliki, tentu saja pasti ada sedikit juga kelemahan dari microsoft windows ini. Berikut adalah kekurangan dari Microsoft Windows:

  • Bukan OS open source sehingga terbentuknya komunitas jarang terjadi
  • Memerlukan RAM yang cukup besar
  • Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi untuk versi basic dan home
  • Mudah terkena virus atau sistem keamanan yang kurang
  • Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-sourc
  • OS terbaru selalu menuntut performa komputer yang lebih tinggi
  • Memiliki harga yang cukup mahal untuk versi basic dan home

Sistem operasi Windows telah populer dan juga memiliki banyak pengguna. Sistem operasinya banyak diminati para penggunanya, seperti para pebisnis untuk menjalankan bisnisnya. Sistem operasi Windows sudah tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Hal yang membuat banyak orang untuk selalu menggunakannya karena telah memenuhi kebutuhan tampilannya. Itulah penjelasan mengenai Microsoft Windows. Jika ada yang kurang silahkan beri masukan dalam kotak komentar dibawah.