0 Followers

Adobe Photoshop, Pengertian Dan Sejarah Serta Fitur

February 28, 2018
224 Views

Apa yang terlintas dipikiran anda tentang perangkat lunak yang satu ini ? Yup, Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dengan Photoshop adalah perangkat lunak yang diproduksi oleh Adobe Systems, lantas Apa itu Photoshop? Photoshop itu apa? Untuk apa aplikasi photoshop ?

Yah itu adalah beberapa pertanyaan yang sering sekali muncul oleh orang-orang di sekeliling kita, Memang dulu pertama kita mengenal photoshop juga menanyakan hal itu juga. maka dari itu lewat artikel ini saya akan menjelaskan tentang Adobe Photoshop berikut pengertiannya dan sejarah serta fiturnya.

Pengertian Adobe Photoshop

Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop diambil dari kata Photoshopping yang merupakan sebuah neologisme yang berarti “Menyunting Sebuah Gambar”. Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster seperti .png, .gif, .jpeg, jpg. dan lain-lain.

Perangkat buatan Adobe Systems dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi.

Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar atau foto dan bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop ini dikemas dengan tampilan yang nyaman dimata pengguna sehingga memudahkan orang dalam menggunakan adobe photoshop, hal ini yang membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai kelengkapan fitur dari adobe photoshop ini

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis kertas. Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk (World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, (Adobe ImageReady), untuk keperluan tersebut. Photoshop juga memiliki hubungan yang erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi dan authoring buatan adobe lainnya.

Sejarah Adobe Photoshop

Tapi perlu kita ketahui bahwa Adobe bukanlah pembuat dari aplikasi Photoshop. Pembuat asli dari aplikasi Adobe Photoshop adalah 2 bersaudara, Thomas Knoll dan John Knoll. Namun penggagas utamanya adalah Thomas, sang mahasiswa PhD dari Universitas Michigan yang menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar Grayscale pada layar monokrom dan program ini disebut Display

Sedangkan John, sang karyawan Industrial Light & Magic, ikut bergabung dalam pembuatan Adobe Photoshop ketika dia tertarik melihat kemampuan aplikasi Adobe Photoshop. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh yang telah diubah namanya menjadi ImagePro

Setelah tahun 1988, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan cara ini.

Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988.

Selangkah demi selangkah, keberuntungan pun mulai berpihak. Mereka berhasil mendemonstrasikan keunggulan program Photoshop kepada Apple Computer Inc dan Adobe. Alhasil, pihak Adobe tertarik dan langsung membeli lisensi program itu. Kemudian pihak Adobe sepakat untuk merilis Adobe Photoshop 1.0 pada bulan Februari 1990.

Fitur Adobe Photoshop

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur dan lain-lain.

Fitur Utama Adobe Photoshop

Di dalam aplikasi Photoshop ada beberapa bagian penting lain yang juga memiliki fungsi-fungsi tersendiri. Bagian-bagian tersebut seperti menu, layer, tool, toolbox dan lainnya. Berikut adalah beberapa bagian penting Photoshop beserta fungsinya :

1. Format Khas

Adobe Photoshop mendukung format-format seperti png, jpg, jpeg, gif dan format lainnya. Yang unik dari Photoshop adalah software ini sendiri memiliki format yang menjadikan ciri khas dari software ini yaitu :

  • .PSD

PSD merupakan singkatan dari Photoshop Document, format ini berguna untuk menyimpan hasil kerja kita yang belum selesai. Termasuk layer, teks, mask dan lain-lain, hasil kerja tersebut tersimpan dalam format ini.

Maka dari itu, ketika kita ingin melanjutkan hasil kerja kita, dapat di save ke format ini serta bisa dilanjut lagi dilain waktu.Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.

  • .PSB

Merupakan format lain dari .PSD namun format .PSB ini digunakan untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB

  • .PDD

Adalah format .PSD yang hanya bisa digunakan untuk Photoshop Deluxe

2. Layers

Fitur ini merupakan fitur yang paling dalam adobe photoshop , kenapa ? karena semua proses editing yang menggunakan Photoshop selalu memakai fitur layers ini. Layers atau jika kita terjemahkan berarti lapisan. Dalam dunia Photoshop , layer merupakan lapisan – lapisan yang berfungsi untuk penempatan suatu objek.

3. Warna

Selain medukung format – format seperti diatas, perangkat lunak ini juga mendukung beberapa model warna seperti : RGB , CMYK , Grayscale dan lain – lain.

4. Tools

  • Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah atau mengedit gambar tentu memerlukan tools, untuk Adobe Photoshop memiliki beberapa tools antara lain:
  • Selection Tools berguna untuk menyeleksi objek terdiri dari beberapa tools seperti Move, Rectangular Marquee, Magic Wand, dan lainnya
  • Crop & Slice Tools berguna untuk memotong bagian dari objek, terdiri dari Crop Tools, dan Slice Tools
  • Annotation, Measuring and Navigation Tools berguna untuk memberi catatan, mengukur, serta untuk navigasi, terdiri dari beberapa tools seperti Eyedropper, Note, dan lainnya
  • Painting Tools berguna untuk memberi warna pada objek, dengan tools seperti Paint Bucket, Gradient, Brush dan lainnya
  • Drawing and Type Tools untuk menggambar serta membuat teks
  • Retouching Tools berguna untuk me-retouch atau mengedit suatu gambar menjadi lebih menarik.

5. Toolbox

Tempat khusus yang menyediakan tool-tool penting agar lebih mudah dilihat dan dipakai.

A. Crop Dan Slice Tool

  • Crop Tool

Digunakan untuk memotong gambar, foto ataupun canvas (kertas kerja). Pemotongan dengan alat ini dilakukan secara permanen mengubah bentuk dimensi lebar dan tinggi foto. Pemotongan dilakukan dengan menentukan area potong berbentuk kotak dari sebuah foto.Misalnya yang tadinya halaman kerja kita 400 x 200 di crop menjadi 200 x 200 dengan pemotongan yang berbentuk persegi atau persegi panjang (Shortcut C).

  • Crop & Slice ToolSlice Tool

Biasanya digunakan untuk kebutuhan website dengan cara memotong hasil desain yang telah dibuat di Photoshop menjadi potongan yang lebih kecil. Shortcut (C)

  • Slice Select Tool

Digunakan untuk memilih potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dengan menggunakan slice tool.

B. Annotation, Measuring Dan Navigation Tool

  • Eyedropper Tool

Tool ini digunakan untuk mengambil sample warna dari sebuah gambar ataupun foto untuk design kita. Misalnya pada sebuah gambar ada warna hijau dan kita ingin menggunakan warna hijau yang sesuai atau sama persis warna hijaunya, maka yang kita lakukan adalah mengklik warna tersebut (Shortcut I).

  • Ruler Tool

Berfungsi untuk mengukur dimensi lebar dan tinggi. alat ini biasanya dibutuhkan ketika kita ingin mengukur design kita seperti mengukur dan memperkirakan interface tinggi dan lebar tombol, header ataupun area website lainnya yang biasanya berukuran piexels. (Shortcut I).

  • Note tool

Sesuai dengan namanya Note adalah catatan. Jadi, fungsi tool ini untuk memberikan catatan pada hasil desain yang telah di buat. Catatan ini berguna sebagai pengingat dalam proses pembuatan desain ataupun dapat berguna sebagai media untuk penyampaian sebuah pesan ketika bekerja secara team. (Shortcut I).

  • Hand Tool

Digunakan untuk menggeser atau memindah bidang pandang foto atau gambar di dalam window view area atau dalam kondisi gambar sedang di perbesar (zoom in). Cukup tekan dan tahan tombol spasi untuk meminjam alat ini.(Shortcut H).

  • Zoom Tool

Digunakan untuk memperbesar ataupun memperkecil tampilan foto atau gambar. Pengaturan zoom in atau zoom out. Jika ingin memperbesar dapat menekan Ctrl dan +, sedangkan untuk memperkecil gambar kita menekan C dan -. (Shorcut Z).

C. Retouching Tool

  • Spot Healing Brush

Tool ini digunakan untuk menghapus noda pada sebuah foto ataupun gambar, alat ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan noda di wajah ataupun menghilangkan jerawat diwajah. (Shortcut J).

  • Patch Tool

Tool ini digunakan untuk memperbaiki foto dengan cara memanfaatkan pola yang terdapat pada foto tersebut. Caranya dengan menyeleksi area kerusakan pada objek lalu menariknya ke atas di atas pola target yang bertujuan kerusakannya tertutupi. (Shortcut J)

  • Red Eye Tool

Digunakan untuk menghilangkan efek mata merah yang timbul pada foto akibat pengambilan foto dalam kondisi gelap menyebabkan flash kamera memantulkan warna merah pembuluh darah dibalik mata. (Shortcut J)

  • Clone Stamp Tool

Digunakan untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloning atau menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain berdasarkan sample foto yang diambil. (Shortcut S)

  • Pattern Stamp Tool

Digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu sesuai dengan pola yang dipilih pada option bar. (Shortcut S)

  • Eraser Tool

Digunakan untuk menghapus foto atau gambar dalam sebuah layer raster. (Shortcut E)

  • Background Eraser Tool

Digunakan untuk menghapus foto atau gambar sehingga menghasilkan layer transparant pada bagian foto atau pada area yang dihapus. (Shortcut E)

  • Magic Eraser Tool

Digunakan untuk menghapus area tertentu dari sebuah foto atau gambar yang memiliki warna yang serupa (satu warna solid) menjadi transparan dengan satu kali klik pada area warna tersebut. Bisa dimanfaatkan untuk menghapus background satu warna. (Shortcut E)

  • Blur Tool

Digunakan untuk menghaluskan atau mengaburkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar. Dengan mengaburkan gambar akan memberikan kesan halus, blur juga dapat menyamarkan pixels gambar.

  • Sharpen Tool

Digunakan untuk menajamkan area tertentu dari sebuah foto atau gambar.

  • Smudge Tool

Digunakan untuk menggosok atau mencoreng area tertentu dari sebuah foto atau gambar seolah-olah di pengaruhi oleh sapuan jari telunjuk diatas sebuah lukisan.

  • Dodge Tool

Digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada gambar atau foto dengan memberikan highlights pada area tertentu hingga area tersebut tampak lebih cerah atau terang. Shortcut (O)

  • Burn Tool

Digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada gambar atau foto dengan memberikan shadow atau bayangan pada area tertentu hingga tampak lebih gelap. Shortcut (O)

  • Sponge Tool

Digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada area gambar atau foto. Shortcut (O)

D. Paint Tool

  • Brush Tool

Berfungsi untuk menggambar atau melukis dengan kuas pada lembar kerja kita dengan aneka macam-macam kuas yang berbeda. Kita juga dapat mendownload aneka kuas yang unik pada web-web. (shortcut B).

  • History Brush Tool

Berfungsi untuk melukis gambar dengan state history image kita.

  • Art History Brush Tool

Berfungsi untuk melukis dengan state history image kita dengan aneka seni yang unik.

  • Pencil Tool

Berfungsi untuk menggambar seperti goresan pada pensil umumnya (Shortcut B).

  • Gradient Tool

Berfungsi untuk memberi warna dengan beberapa paduan warna yang menyatu (Shortcut G).

  • Paint Bucket Tool

Berfungsi untuk memberi warna pada gambar dengan cakupan tertentu (Shortcut G).

E. Drawing Dan Type Tool

  • Path Selection Tool

Digunakan untuk menyeleksi path yang telah dibuat dengan menggunakan pen tool. (Shortcut A)

  • Horizontal Type Tool

Digunakan untuk membuat teks secara horizontal. Selain alat ini ada juga Vertical Type Tool untuk membuat teks secara vertical dan type mask untuk membuat teks dalam bentuk seleksi. (Shortcut T)

  • Pen Tool

Digunakan untuk menggambar path sudut ataupun lengkung. Alat ini biasa juga digunakan untuk menyeleksi objek. Selain alat ini ada kumpulan alat lain untuk menambah titik point, mengurangi dan memodifikasi path yang telah dibuat.

Fungsi Adobe Photoshop

Adobe Photoshop sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Membuat Tulisan Dengan Efek Tertentu

Kelebihan Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristik.

  • Membuat Tekstur Dan Material Yang Beragam

Dengan langkah-langkah tertentu, seorang designer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, air dan bermacam gambar lainnya.

  • Mengedit Foto Dan Gambar Yang Sudah Ada

Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain: mengubah posisi gambar, mengatur pencahayaan, komposisi warna, menyambung gambar, menambah border (frame) dan efek-efek lainnya.

  • Memproses Materi Web

Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agar ukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery. Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web, misalnya menjadi rollover dan animasi GIF. Untuk keperluan tersebut, anda bisa menggunakan Macromedia Fireworks di samping Adobe Im

Oke, sekian tadi penjelasan singkat mengenai pengertian dan sejarag serta fitur-fitur dari Adobe Photoshop, Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Terima Kasih.

You may be interested

Yuk, Ketahui Tentang Ekologi
science
33 views
science
33 views

Yuk, Ketahui Tentang Ekologi

Vera Essy - May 25, 2018

Pernahkah Anda mendaki di hutan dan melihat keragaman organisme yang luar biasa hidup bersama, dari pohon pakis sampai pohon jamur…

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat
blog
53 views
blog
53 views

Fakta Dan Mitos Permainan Judi Baccarat

Vera Essy - May 22, 2018

Sejak permainan casino didasarkan pada perjudian, pastinya akan ada banyak mitos seputar berbagai permainan karena sebagian orang percaya begitu banyak…

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet
Teknologi
102 views
Teknologi
102 views

Penjelasan Mengenai Intranet Serta Perbedaannya Dengan Internet

Vera Essy - April 29, 2018

Di era yang serba modern sekarang ini, kita semua pastinya sudah saling terhubung menggunakan teknologi. Bisa dibilang bahwa teknologi merupakan…