0 Followers

Inilah Alasannya Mengapa Harga Berlian Menjadi Fantastis

March 29, 2018
78 Views

Hampir semua orang menyukai dan menginginkan berlian, apalagi para wanita. Tapi, hanya orang tertentu saja yang dapat memilikinya karena disebabkan tingginya harga berlian tersebut yang membuat berlian menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang kaya saja. Nah kamu pernah gak sih bertanya-tanya kenapa harga berlian begitu mahal? Daripada penasaran, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa Itu Berlian?

Berlian adalah batu permata transparan yang merupakan bentuk kristal dari karbon dan substansi alami yang paling keras di bumi. Batu Berlian ini tidak hanya berharga dan terkenal karena kekerasannya yang luar biasa, tetapi juga indeks biasnya yang tinggi (kecemerlangan) dan tingkat dispersinya yang juga tinggi.

Selain itu, berlian memiliki pesona yang tak dimiliki oleh batu mulia lainnya. Yaitu kemampuan memantulkan cahaya yang luar biasa baik. Semua karena karakteristik unik yang terkandung dalam berlian.

Namun, jangan bayangkan kamu akan menemukan berlian oval siap pakai seperti yang ada di toko perhiasan. Karena semua berlian datang dalam wujud kasar, mirip dengan kerikil. Agar bisa memancarkan kilau indahnya, berlian harus melalui proses cutting atau asah. Ini merupakan satu-satunya kontribusi manusia dalam pembentukan berlian.

Tak akan ada satu orang pun akan menolak batu mulia yang satu ini yang terkenal akan kilau cantiknya. Meskipun berlian putih bening atau yang tak berwarna merupakan yang paling populer, sedangkan yang berwarna kuning dan coklat (Champagne dan Cognac) sebenarnya adalah yang paling umum dan banyak. Namun ada warna lainnya seperti biru, merah muda, merah, hijau, oranye dan hitam.

Sistem penilaian warna yang resmi untuk berlian putih bening atau tak berwarna sampai yang kuning dan coklat saturasi rendah berkisar mulai dari skala “D” (untuk yang benar-benar putih bening) sampai “Z” (untuk yang kuning muda). Sedangkan warna-warna lainnya menggunakan skala lain yang berbeda.

Kata berlian berasal dari kata Yunani “Adamas” yang berarti tak terkalahkan atau tak bisa dihancurkan. Jadi jika kamu butuh lebih banyak keberanian, hiasilah dirimu dengan perhiasan berlian, hehehe. Tahukah kamu berlian terbesar yang pernah ditemukan terapung di angkasa? Berlian itu dinamai “Lucy” yang mengacu pada lagu the Beatles, “Lucy in the Sky with Diamonds”.

Batu Berlian ini merupakan substansi yang paling keras di bumi (10 skala Mohs) dengan kekuatan potong sekitar 140 kali lebih besar daripada batu Safir (Sapphire) dan batu Merah Delima (Ruby) yang memiliki kekerasan 9 skala Mohs. Tak ada satupun yang mampu menggores ataupun membelah berlian, selain berlian itu sendiri. Batu ini juga tahan panas, bahkan saat terkena api sekalipun. Berlian tak akan terbakar kalau belum ketemu suhu 1300 derajat celcius

Berlian terbentuk dari karbon yang berasal dari gunung berapi yang terdapat ratusan meter di bawah permukaan bumi dengan suhu atau temperature yang sangat tinggi/panas. Batu mulia ini merupakan satu-satunya yang terbuat dari karbon murni dengan presentase mencapai 99,95 persen. Batu berlian tersebut kemudian terbawa ke permukaan bumi melalui letusan vulkanik. Proses naiknya berlian ke permukaan bumi sendiri memerlukan waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 1-3 milyar tahun.

Menurut penelitian, naiknya berlian ke permukaan bumi dikarenakan batu yang mencair. Berlian dikembangkan dari bermil-mil bagian dalam permukaan bumi, pada kerendahan 150 km (90 mil), pada tekanan kira-kira 5 giga pascal dengan temperatur sekitarnya 1200 derajat celcius (2200 derajat Fahrenheit).

Sekitar setengah dari batu Berlian di dunia berasal dari Afrika Tengah dan Selatan. Tingkat produksinya bervariasi dari tahun ke tahun, tetapi pada tahun 2010, penghasil Berlian teratas adalah Russia, Botswana, Congo, Angola, South Africa, Namibia, Guinea, Ghana, Australia dan Canada. Ada juga deposit signifikan yang ditemukan di India dan Brazil. Canada juga menjadi sumber komersial utama untuk Berlian putih yang berkualitas.

Apa Yang Membuat Berlian Dijual Dengan Harga Tinggi?

Semakin langka dan indah sebuah berlian, maka semakin sangat bernilai berlian itu. Batu berlian menjadi salah satu batu yang paling populer dan disukai semua orang karena keindahan kilaunya. Sayangnya, berlian hadir dengan harga yang tergolong mahal. Semakin baik karakteristik berlian tersebut harganya pun akan semakin mahal.

Sebenarnya yang membuat berlian mahal adalah karena proses pembentukan berlian di perut bumi memerlukan waktu yang sangat lama. Berlian yang saat ini beredar di pasaran bahkan memiliki usia milyaran tahun. Selain itu, beberapa warna berlian pun terbilang cukup langka dan jarang ditemukan. Ditambah lagi, proses penambangan dan pemolesan berlian juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ya, dengan ketelatenan tangan manusia mengakibatkan berlian ini bernilai tinggi.

Kilauan dan pancaran berlian yang indah membuat semua orang terpukau. Setiap wanita sepertinya menginginkan untuk memiliki perhiasan ini meskipun harga berlian terbilang relatif mahal. Bayangkan saja, berlian dengan berat 1,5 karat bisa dijual mencapai kurang lebih Rp 290 juta. Wow, harga yang sangat fantastis bukan? Tapi kalau dipikir-pikir, harga tersebut tak sebanding dengan sejarah dan cara pengerjaan sebuah berlian.

Lalu bagaimana cara menilai berlian yang berkualitas? Tentunya dengan harga yang begitu tinggi, para pembeli tidak ingin merasa rugi. Nah ketika kamu memiliki rencana untuk membeli berlian, sebaiknya kamu memahami seluk beluk berlian terlebih dahulu. Ini penting karena nilai jual atau harga batu berlian tidak seperti emas dan perak yang relatif sama dengan takaran berat tertentu.

Bagi pecinta berlian, 4C mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga mereka. Pasalnya, untuk mendapatkan berlian terbaik maka kamu perlu memperhatikan 4C tersebut, yaitu, carat, clarity, color dan cut. Berikut penjelasan dari masing-masing 4C tersebut:

  • Carat

Carat merupakan satuan ukur sebuah berlian. Karena berlian merupakan sebuah batu yang sangat berharga, maka pengukurannya pun harus sangat teliti dan tepat untuk mendapatkan berat yang sesuai. Ukuran berlian adalah dimensi berlian itu sendiri yang dipengaruhi oleh lebar, panjang dan tinggi berlian. Batu berlian dengan potongan yang bagus, bisa tampak lebih besar dibandingkan dengan berlian dengan berat karat yang lebih tinggi.

  • Color

Warna berlian terbaik adalah transparan atau dalam ukuran mutu warna taraf internasional termasuk warna D. Dalam ukuran dunia, warna berlian dimulai dari urutan alfabet D berwarna putih bening (transparan) adalah yang terbaik, menurun hingga ke Z dengan warna kuning terang.

  • Cut

Cut atau potongan berlian akan mengacu pada proporsi sebuah berlian. Selain itu, keindahan sebuah berlian pun akan sangat tergantung pada keseimbangan potongan berlian (salah satunya). Hal tersebut dikarenakan potongan berlian akan mempengaruhi pantulan cahaya dan penyebaran cahaya pada berlian.

  • Clarity

Kejernihan berlian menentukan harga. Semakin sedikit sidik jari alam, nilai berlian semakin tinggi. Agak sulit untuk medeteksinya, karenanya dibutuhkan lensa dengan pembesaran 10 kali (tidak boleh lebih) untuk melihatnya. Ketelitian investor diperlukan untuk melihat kejernihan berlian.

kejernihan merupakan standar ukuran jumlah dan besar cacat yang terdapat pada berlian. Cacat tersebut didapat karena berlian terbentuk di perut bumi dengan panas dan tekanan yang ekstrim, sehingga seringkali berlian memiliki cacat di bagian dalam atau ‘tanda lahir’ yang disebut inklusi/inclusion dan cacat pada permukaan atau disebut blemishes.

Batu berlian yang memiliki banyak cacat di dalam dan di luar akan terlihat kurang berkilau karena cacat tersebut dapat mengganggu jalan masuk cahaya ke berlian. Jadi, semakin sedikit jumlah cacat pada berlian maka semakin berkilau dan semakin tinggi nilai berlian tersebut.

Cara Mengetahui Berlian Asli Atau Tidak

Berlian adalah salah satu perhiasaan yang menjadi kesukaan wanita. Namun, banyak dari kita yang kurang memahami tentang berlian. Tahunya cuma kelihatan mewah dan wah. Padahal, kamu juga harus tahu berlian itu asli atau palsu. Berikut ini adalah cara mengetahui berlian asli atau tidak:

  • Amati berlian dengan menggunakan loupe

Loupe adalah jenis kaca pembesar dengan mudah tersedia di pasar. Dengan menggunakan alat ini, coba amati tepi berlian. Biasanya sebuah berlian yang asli memiliki tepi tajam sementara berlian palsu punya ujung yang bulat.

  • Gunakan tes embun

Letakkan berlian di depan mulut dan hembuskan embun nafas ke arah berlian seperti mengembus cermin. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik, kemungkinan palsu. Sedangkan berlian asli segera mendispersikan panas dari napas kamu dan tidak mudah berembun. Jika kamu diamkan sekali pun setelah mengembuskannya dan sebelum melihatnya, maka akan tetap mengering lebih cepat daripada yang palsu.

  • Memperhatikan pemasangannya

Yang perlu kamu garis bawahi adalah “Berlian asli tidak wajar apabila dipasang pada logam mulia murahan”. Untuk itu perhatikan cap atau stempel yang di dalam pemasangannya menunjukkan emas atau platina asli (10K, 14K, 18K, 585, 750, 900, 950, PT, Plat) merupakan tanda yang bagus. Sementara stempel “C.Z.” akan menguakkan kepalsuan Berlian tersebut karena C.Z. adalah singkatan dari Cubic Zirconia (zirkonia kubik) yang merupakan sejenis berlian sintetis.

  • Perhatikan bayangannya

Bayangan berlian asli biasanya merupakan variasi dari warna keabu-abuan. Lihat lurus ke arahnya dari atas berlian. Jika kamu melihat pantulan warna pelangi, berarti kamu berurusan dengan berlian kualitas rendah atau palsu. Waspadalah dengan batu yang kilaunya melebihi berlian, yaitu Moisanit.

Batu permata ini sangat mirip dengan berlian hingga sulit dibedakan, tetapi cara membedakannya yaitu dengan mendekatkan batu tersebut ke mata kamu dan kemudian nyalakan senter, apabila terlihat warna pelangi maka itu sifat Moisanit, bukan berlian.

  • Letakkan di atas buku

Struktur dari berlian asli akan benar-benar menghalangi cahaya yang masuk sehingga kamu tidak akan mampu melihat tulisan apapun yang sedang ditutupi oleh berlian yang asli. Sebaliknya, jika kamu masih bisa membaca tulisannya, besar kemungkinan berlian itu palsu.

  • Panaskan berlian

Menguji berlian juga bisa dengan cara dipanaskan. Kamu bisa menggunakan korek api untuk memanaskan berlian tersebut. Panaskan selama 30 detik kemudian masukan ke dalam segelas air. Lihat apa yang terjadi? Berlian asli tidak akan pecah atau retak, karena struktur kristalin yang rapat dan merata dari berlian menyebabkannya cepat mendispersikan panas, sehingga berlian asli tidak akan memanas dengan mudah.

  • Masukkan ke dalam segelas air

Cemplungkan batunya ke dalam segelas air dan lihat apakah tenggelam ke dasar gelas. Akibat kerapatannya yang tinggi, berlian asli akan tenggelam. Dan yang palsu akan mengapung di permukaan atau melayang di tengah gelas.

  • Mengukur beratnya

Berlian dapat dibedakan dengan mengukur perbedaan berat antara berlian sintetis (Zirkonia Kubik)dengan yang asli. Seperti yang diketahui Zirkonia kubik memiliki berat sekitar 55 persen lebih tinggi dibandingkan dengan berlian asli dengan bentuk dan ukuran yang sama.

  • Lakukan uji sinar-x

Berlian memiliki struktur molekul yang “tembus pandang radiasi”, hal ini berarti berlian tersebut tidak muncul di gambar sinar-x. Kaca, zirkonia kubik dan kristal-kristal itu semuanya bersifat “tak tembus radiasi” sehingga tampak dengan jelas di sinar-x.

Demikianlah ulasan mengenai berlian di atas tersebut, nah sekarang kalian sudah tahu kan kenapa harga berlian begitu mahal? Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan dan membuat kalian lebih teliti lagi jika ingin membeli berlian.

You may be interested

“Hand Driyer” Alat Praktis Namun Juga Berbahaya
Teknologi
3 views
Teknologi
3 views

“Hand Driyer” Alat Praktis Namun Juga Berbahaya

Vera Essy - April 25, 2018

Mencuci tangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan, baik sebelum makan ataupun sesudah makan. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di…

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah
science
7 views
science
7 views

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Tanah

Vera Essy - April 23, 2018

Tanah adalah media alami untuk pertumbuhan tanaman dan memasok nutrisi ke tanaman. Satu hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan masalah…

Mencengangkan, Beberapa Hal Di Finlandia Ini Dijamin ‘Bikin Iri’ Semua orang
unik
4 views
unik
4 views

Mencengangkan, Beberapa Hal Di Finlandia Ini Dijamin ‘Bikin Iri’ Semua orang

Vera Essy - April 22, 2018

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar negara Finlandia? Asal hp Nokia atau sistem pendidikannya yang sangat luar biasa? Ya, keduanya…